Wali Kota BTM Bantu Kabupaten Teluk Wondama Soal Pelayanan Publik

0
54

Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., bersama Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., selalu mengajak ASN untuk bekerja melayani masyarakat secara baik.
(Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tommy Mano, MM., mengemukakan pihaknya siap untuk membantu Kabupaten Teluk Wondama untuk terus meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat di wilayah kerja mereka.

Hal ini disampaikan, saat menerima 16 orang rombongan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Teluk Wondama melakukan study banding menyangkut pelayanan kependudukan kepada masyarakat oleh Disdukcapil Kota Jayapura.

Wali Kota Jayapura yang juga Putra asli Port Numbay ini memaparkan, bahwa rekan-rekan tim yang datang ini tidak salah pilih Kota Jayapura karena kita yang terbaik di seluruh Indonesia dalam pelayanan dukcapil kepada masyarakat. Sehingga saya berharap selama tiga hari disini dapat dilihat, dipelajari dan diamati dengan baik, sehingga daak kembali nanti bisa meniru inovasi-inovasi dan mengaplikasikannya di wilayah kerja kalian.

“Tetapi yang lebih penting dan terutama program ini dapat berjalan, itu kembali kepada komitmen pemimpin itu saja. Intinya kalau pemimpin dia tidak komitmen tentang pelayanan publik yang baik kepada masyarakat, maka tidak akan berjalan dengan baik,” ujar Tomi Mano.

Mano juga berpesar agar para rombongan dari Teluk Wondama ini dapat bekerja dengan hati yang tulus, ikhlas, tanpa pamrih serta masuk dan pulang kerja tepat waktu. Karena disiplin adalah segala-galanya dalam pelayanan, jangan sampai masyarakat yang datang tunggu kita, lebih baik kita yang tunggu masyarakat.

“Saya minta kepada Dinas Dukcapil Kota Jayapura dapat menyiapkan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan kependudukan agar saat kembali mereka bisa mengaplikasikan itu dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dalam bidang kependudukan di Kabupaten Teluk Wondama,” pungkasnya.

Selain itu, Mano juga menerangkan inovasi yang dilakukan oleh Disdukcapil Kota Jayapura antara lain, tekan HP,,, data jadi, ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri), Kampung Tertib Duckapil, Nikcapil Kilat (Nikah Catatan Sipil Cepat), Kelahiran Plus, Operasi KaTePel (KTP-el), Nikah Rame-rame (Pencatatan Sipil Massal).

Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tommy Mano, MM didampingi Kepala Disdukcapil Kota Jayapura, Merlan S. Uloli, SE. MM., menerima baik kunjungan mereka, bertempat di Ruang Rapat Wali Kota Jayapura, Senin (24/7/2017).

Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Teluk Wondama, Annesa Marllon Rudolf, S.Sos yang mendampingi rombongan tersebut mengatakan memilih study banding ke Kota Jayapura karena Pemerintah Kota Jayapura sebagai salah satu kota terbaik di Indonesia dalam memberikan pelayanan kependudukan kepada masyarakat di wilayah Indonesia Timur.

“Hal tersebut juga disarankan langsung oleh Direktorat Jenderal Kependudukan Indonesia saat mengikuti rapat di Gorontalo baru-baru ini. Sehingga kami memutuskan untuk datang studi banding kesini, terutama kami sangat tertarik dengan program database Orang Asli Papua (OAP) yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Jayapura melalui Disdukcapil,” ungkapnya.

Sehingga diharapkannya, ia dan timnya dapat mempelajari, meniru atau mengaplikasikan pendataan OAS dan inovasi-inovasi lainnya secara lebih baik lagi di wilayah kerja mereka. Diakuinya, sejak 2007 Disdukcapil Kabupaten Teluk Wondama dibentuk, pihaknya belum melaksanakan inovasi-inovasi kerja secara maksimal.

Kepala Disdukcapil Kota Jayapura, Merlan S. Uloli, SE. MM menyatakan siap untuk membantu dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Tim Disdukcapil Kabupaten Teluk Wondama selama tiga hari mereka melakukan studi banding di Pemkot Jayapura.

“Bagi kami ini hal yang biasa, karena sudah ada enam kabupaten se-Provinsi Papua yang telah melakukan studi banding sebelumnya ke kita, Cuma yang membedakan kali ini kami mendapat tamu dari Provinsi Papua Barat,” imbuh Merlan. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)