Pemprov Papua Berikan Tunjangan Penghasilan Lebih Besar Jika ASN Rajin

373
Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Papua. (Erwin)

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua, Nicholaus Wenda. (Erwin)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Provinsi Papua memastikan pegawai negeri sipil yang bekerja rajin serta berprestasi, bakal menerima Tunjangan Penghasilan Bersyarat (TPB) lebih besar ketimbang malas.
Penegasan ini disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua, Nicholaus Wenda, di Jayapura, Jumat (21/7) di Jayapura.

Menurut dia, dalam aturan baru yang digagas bersama-sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pegawai yang berkontribusi maksimal akan mendapat penghargaan lebih besar. “Dengan demikian akan ada perbedaan antara yang berkinerja baik dengan yang tidak”.

“Sebab salah satu syarat untuk mendapat TPB ini adalah masalah disiplin dan kinerja seorang pegawai. Makanya, dengan aturan baru ini pembagian TPB akan adil dan sesuai dengan keringat yang dikucurkan oleh pegawai negeri itu sendiri,” terang dia.

Sementara untuk memaksimalkan kinerja seluruh pegawai negeri di lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Kepala Badan minta pemerintah kabupaten dan kota, agar mulai membiasakan pembagian tugas sesuai dengan fungsinya.

“Pembagian ini tentunya bertujuan supaya tak ada staf yang menganggur atau tidak mengerjakan tugas. Karena itu, pimpinan SKPD saya harap sudah mulai membiasakan membagi tugas kepada staf. Sehingga tak ada lagi kesan pegawai malas atau datang ke kantor tapi tidak ada yang akan dikerjakan,” harapnya.

Sebelumnya, Sekda Papua, TEA Hery Dosinaen mendorong, adanya kenaikan Tunjangan Penghasilan Bersyarat (TPB) bagi pegawai negeri sipil.

Meski begitu, Sekda Papua berharap, kenaikan TPB dapat dibarengi dengan meningkatnya prestasi dan etos kerja pegawai negeri sipil. “Sebab sebagai abdi negara ASN mesti memberikan pelayanan yang terbaik, demi mensejahterakan seluruh masyarakat yang ada diatas tanah ini,” pungkasnya. (Erwin /Koran Harian Pagi Papua)