Bungkam PS. TNI 2- 1, Persipura Pimpin Klasemen Liga 1 Gojek Traveloka

0
18
Lapangan Mandala sebagai home base Persipura. (Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)

Boaz Solossa, Kapten Tim Persipura Jayapura, ikut membantu serangan hingga rahi kemenangan (Foto / Geis)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Tim berjuluk “Mutiara Hitam”, Persipura Jayapura memetik poin penuh dalam laga pekan ke 16 Liga 1 Gojek Traveloka, usai mengalahkan tim tamu PS. TNI dengan skor 2-1, Minggu (23/7), di Stadion Mandala Jayapura. Tim mutiara hitam, sukses dalam perburuan tiga poin dengan misi untuk memuncaki klasemen sementara, dengan menghandalkan semua pemain pilarnya.

PS.TNI harus mengubur impiannya untuk menahan Perispura, di laga menghadapi Boaz Solossa dan kawan-kawan, yang bertindak sebagai tuan rumah. Meskipun sempat melakukan perlawanan sengit sepanjang pertandingan. The Army julukan PS.TNI kelengahan di 11 menit terakhir memaksa mereka gagal mencuri 1 poin.

Persipura dalam laga menghadapi PS.TNI hampir memainkan hampir semua pemain utamanya, hanya Ian Kabes yang harus absen akibat terkena cedera saat sesi latihan terakhir, sehingga pemain yang serba bisa tersebut harus melihat rekan-rekannya berjuang dari atas tribun.

Sedangkan PS.TNI tanpa disangka justru membangku cadangankan bomber terbaiknya yakni Elio Bruno Martin dan baru saja memasukannya di akhir pertandingan babak kedua.

Memulai duel dengan dominasi permainan tuan rumah, Persipura baru dapat membobol gawang tim besutan Ivan Kolev sesaat jelang pertandingan babak pertama usai tepat menit ke 44, lewat umpan bola lambung gelandang energik, Nelson Alom Addison Alves untuk membawa Persipura unggul hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, PS.TNI mulai merubah sedikit strategi, dengan memasukan salah satu pemainnya Kasim Slamat menit awal babak kedua. Strategi itu berhasil ketika Sansan Fauzi mampu menyamakan kedudukan menjadi di menit ke 61, berawal dari Wawan Febrianto yang meguasai bola langsung menyodorkan umpan tepat ke arah kepala Sansan Fauzi yang di selesaikan menjadi gol dengan sempurna, menjadikan skor 1-1 untuk kedua tim.

Namun rupanya duet Striker Addison Alves dan Boaz Solossa, masih menjadi momok yang menakutkan setelah Addison Alves kembali menciptakan gol keduanya untuk pasukan Wanderley Machado da Silva Junior.

Gol tersebut berawal dari umpan pojok Boaz Solossa yang di sempurnakan menjadi gol, sehingga skor menjadi 2-1 tepat menit 79, kala fokus dan konsentrasi semua pemain PS.TNI mulai menurun untuk menjaga pertahanan mereka, dari serbuan pemain-pemain Persipura.

Sampai usainya pertandingan dengan waktu 95 menit, tidak ada lagi gol yang tercipta, sehingga keunggulan 2-1, harus bertahan hingga pertandingan usai. Kemenangan ini membawa Boaz Solossa dkk saat ini memuncaki tabel klasemen dengan poin 30 sama dengan Bhayangkara FC, dan unggul produktivitas gol dari Bahyangkara FC.

6 pergantian pemain terjadi di laga sore kemarin, Persipura memasukan 3 pemainnya masing-masing, Prisca Elisa Womsiwor masuk gantikan Ferinando Pahabol, Imanuel Wanggai keluar dan di gantikan Yohanes Tjoe, Yanpiter Nasadit di gantikan Izaak Wanggai. Sedangkan di PS.TNI Ahmad Nufiani Dani keluar dan di gantikan Kasim, Elio Bruno masuk setelah Erwin Ramdani keluar dan Wawan Febrianto keluar dan Ivan Kolev memasukan Roni. Sementara kartu kuning harus di keluarkan oleh Wasit Budi Narimo, kepada Boaz Solossa menit 70, Safri Al Irfandi menit 73, Muhamad Guntur Triaji, menit 39.

Lapangan Mandala Kota Jayapura, tempat berlangsung pertandiingan Persipura vs PS.
TNI. (LintasPapua.com)

Pelatih PS.TNI Ivan Kolev mengatakan, atmosfer pertandingan di laga sore ini, memang sangat luar biasa menghadapi tim tuan rumah Persipura. “Saya sudah ingatkan kepada semua pemain bahwa atmosfer pertandingan di laga ini pasti akan seru. Saya juga bangga kepada semua pemain, kerena mereka berhasil bermain bagus,” tutur Kolev.

Persipura memang tim yang bagus di Indonesia, dan harus kita antisipasi semua pemainnya, bukan hanya pemain senior tetapi pemian muda, bukan hanya satu, atau dua pemain tetapi semua pemain Persipura harus di waspadai.

“Saya pikir tim kita tidak sehrusanya kalah di pertandingan ini, karena bukan hanya seri saja kita harus menang, semua pemain sudah presure semua pemain Persipura. Namun wasit tidak memimpin pertandingan dengan baik, ini sudah mengganggu sepakbola Indonesia. Dan hanya menambah waktu bukan 3 menit tapi hanya 1 menit saja,” keluhnya.

Memang di babak pertama pemain, kami kurang mempresure dan mencuri bola, di babak kedua tim kita sudah berhasil menunjukan permainan terbaik dengan membuat gol. Namun Persipura tampil lebih bagus dari tim kita sehingga bisa memenangkan pertandingan.
Sementara itu pelatih Persipura Wanderley Machoda da Silva Junior merasa bersyukur atas hasil kemenangan yang di raih oleh anak asuhnya dengan berhasil mengumpulkan poin penuh di pertandingan itu.

Wanderley mengatakan, memang kita senang bisa menangkan pertandingan, trimakasih Tuhan atas hasil di mana tujuan kita menginginkan tiga poin dan berhasil menang. Pertadingan ini tidak muda PS.TNI juga tim memberikan perlawanan yang cukup kepada kita sore ini.

Mereka main dengan presure yang cukup sehingga kami juga sulit untuk mengembangkan permainan. “Kalau kita kerja dengan kejujuran, pasti Tuhan akan memberikan hasil yang baik, sehingga hasil pertandingan sore ini sangatv diberkati oleh Tuhan, untuk kita mendapatkan poin sempurna sesuai target. Namun kita sudah berpikir untuk menghadapi laga berikut,” ungkap Wanderley.

Kami punya tujuan di mana mau menjadi juara di putaran pertama dan PS.TNI datang untuk mencuri poin, memang mereka punya permainan yang fight, dan sudah bermain sangat bagus juga, tapi kita sudah berhasil menang di laga sore ini fokus kita berada di pertandingan berikut.

Sementara itu Addison Alves mengaku, senang dengan apa yang sudah di lakukannya, dengan berhasil bisa mencetak 2 gol. “Tidak perlu kita bicara siapa yang mencetak gol, kalau seperti yang lalu kita menang menghadapi Mitra Kukar dengan 6-0, Prisca bisa mencetak gol 3, itu semua berkat Tuhan sudah kasih berkat untuk kita tim di pertandingan hari ini. Semua kita kerja buat tim, kalau tim ini sukses maka semua akan merasakan kesuksesan itu,” ungkapnya.

Suasana Pertandingan Persipura lawan PS. TNI, kedua bermain keras dan saling enyerang, namun Persipura menang dengan skor tipis 2 – 1 di Lapangan Mandala (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

Sementar itu dari pertandingan lainnya antar PSM Makasar yang berambisi untuk merebut kembali tahta atau puncak klasemen Liga 1 Gojek Traveloka di paksa harus pulang tanpa poin setelah di cukur Bali United di kandangnya dengan skor 3-0 tanpa balas. (Geis Muguri /Koran Harian Pagi Papua)