SURABAYA (LINTAS PAPUA) – Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa mengucapkan Selamat Hari Anak Nasional kepada puluhan anak-anak di Kampung Berseri Astra Sejahtera Mandiri (KBA SM) yang menyambutnya di pintu masuk kampung.

“Hari ini saya sangat bahagia melihat wajah anak-anak di kampung ini berseri-seri. Selamat Hari Anak Nasional (HAN) ya, anak-anakku semua. Anak-anak harus berani punya cita-cita tinggi dan semua punya kesempatan yang sama. Ada tidak yang punya cita-cita kelak jadi menteri, direksi, TNI atau polisi?,” kata Mensos dihadapan 30 anak-anak Sanggar Tari Arsa, Kelurahan Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya.

Mendengar pertanyaan Mensos, anak-anak tampak antusias menjawab sambil mengangkat tangan. Ada yang ingin menjadi dokter, guru, polisi dan pengusaha. Mensos tersenyum menyimak anak-anak bersahutan menyebutkan cita-citanya.

“Belajar yang rajin supaya kelak tercapai cita-cita dan harapanmu,” kata perempuan yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini.

Mensos tiba di lokasi kampung ini pukul 10.00 WIB disambut tarian oleh anak-anak Sanggar Arsa. Sanggar yang telah dibina sejak 2015 oleh Astra ini beranggotakan anak-anak TK hingga SD yang tinggal di RT 3 dan RT 4, RW 8 Kelurahan Keputih. Mereka tampak lincah dan gemulai membawakan tari tradisional. Mensos pun menyaksikan mereka hingga selesai menari.

“Pesan saya kepada orangtua, guru, Pak RT, Pak RW agar melindungi anak-anak di kampung ini. Bahagiakan dan jangan sakiti mereka,” tutur Mensos sambil merangkul anak-anak ke dalam pelukannya.

Di Hari Anak Nasional yang jatuh tepat pada hari ini (23/7), Mensos mengajak semua pihak melakukan koreksi lebih sigfnifikan terhadap berbagai hal terkait pemenuhan hak dasar dan perlindungan anak.

“Anak-anak mestinya tidak menjadi korban perundungan (bullying), kekerasan, dan pelecehan seksual. Mari kita koreksi diri apa yang sudah kita berikan untuk anak-anak kita. Anak-anak membutuhkan perlindungan agar mereka dapat tumbuh sehat, gembira dan bahagia,” papar Mensos serius.

KBA SM berlokasi di Jl. Keputih Tegal Timur Baru IV, Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. Program ini merupakan hasil kerja sama kemitraan antara Kemensos dengan Astra. Program ini berfokus pada pengembangan kampung atau daerah tertentu secara terpadu yang mengandung unsur kesehatan, pendidikan, kewirausahaan, dan lingkungan.

KBA SM Keputih telah dibina sejak 2013 dengan jumlah penduduk 972 jiwa/324 KK. KBA SM telah meraih beragam penghargaan _Green and Clean Kota Surabaya_ berturut-turut sejak 2013 hingga 2016.

Dalam acara ini Mensos juga menyaksikam penandatanganan nota kerja sama antara ASTRA International dengan Kementerian Sosial tentang Pemberdayaan Sosial Potensi Sumber dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Melalui Program Tanggung Jawab Sosial Badan Usaha.

“Program Kampung Berseri Astra Sejahtera Mandiri ini berseiring dengan Nawacita. Yakni membangun Indonesia dari desa dan dari pinggiran. Saya rasa ini upaya yang sangat baik,” tutur Mensos. (*)