Dubes Amerika Kunjungi Papua Bahas Isu Politik

0
82
Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua, Elia Loupatty, menerima Pejabat Politik pada Kedutaan Besar Amerika Serikat, Meredith L. Champlin, di Jayapura, kemarin. (Erwin)

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua, Elia Loupatty, menerima Pejabat Politik pada Kedutaan Besar Amerika Serikat, Meredith L. Champlin, di Jayapura, kemarin. (Erwin)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pejabat Politik pada Kedutaan Besar Amerika Serikat Meredith L. Champlin mengunjungi Provinsi Papua membahas isu politik yang berkembang di Bumi Cenderawasih.

Kedatangan Meredith diterima oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Elia Loupatty mewakili Gubernur Papua Lukas Enembe, pada Rabu (19/7) kemarin.

“Benar tadi ada kunjungan Pejabat Politik Kedubes Amerika. Intinya yang bersangkutan ingin memperoleh informasi tentang situasi politik dan isu-isu strategis yang ada di Provinsi Papua”.

“Tentunya soal pelaksanaan Pilkada 2018 mendatang, termasuk PSU yang sementara dan akan berjalan. Tentunya kita jujur mengatakan ada riak-riak jelang Pilkada Papua. Dan untuk pilgub kami sampaikan sudah ada tahapan-tahapan awal dari KPU, sampai baliho-baliho pun dipertanyakan.Hanya hal itu dipasang untuk memperkenalkan kepada masyarakat para kandidat seperti itu,” katanya lagi.

Elia mengaku, selain membahas isu politik di Papua, pihak kedutaan juga menyinggung soal bidang pendidikan, seperti adanya tawaran beasiswa belajar bagi pelajar asal Papua ke Amerika.

Disamping itu, turut menyebut mengenai tingkat kesadaran masyarakat untuk hidup sehat diatas tanah ini.

Sementara ditanya apakah pertemuan tersebut membahas masalah PT. Freeport Indonesia, ia membantahnya. “Tak ada pembicaraan soal Freeport. Kami hanya membahas soal masalah isu politik, pendidikan dan kesehatan”.

“Namun pembicaraan yang mengemuka mengenai masalah politik Papua. Sebab Amerika sangat ingin tahu mengenai persoalan Pilkada. Sehingga kita jelaskan bahwa disinilah peran KPU dan Panwas agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.Sehingga Pilkada bisa berjalan aman dan damai di negeri ini,” tuntasnya. (Erwin /Koran Harian Pagi Papua)