Cegah Korupsi, Pemda Jayawijaya Tingkatkan Pengawasan Intern

0
56
Sejumlah ASN di depan Kantor Bupati Jayawijaya. (Ema)

Kantor Bupati Jayawijaya (LintasPapua.com/ Eveerth Joumilena)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Dalam rangka mencegah tindak pidana korupsi, Pemda Jayawijaya melakukan beberapa terobosan, diantaranya dengan meningkatkan sistem pengawasan intern di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Dengan harapan pelaksanaan program kerja satu tahun anggaran, bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Menurut Sekda Kabupaten Jayawijaya, Yohanes Walilo, pengawasan intern yang dilakukan tak hanya di SKPD. Tetapi sampai kepada organisasi pemerintahan tingkat distrik hingga kampung.

Sekda Jayawijaya, Yohanes Walilo. (Erwin)

“Kita sudah memulai pengawasan intern ini. Dengan begitu, kita harap semua mekanisme pemerintahan dan pembangunan yang berjalan mampu, mengurangi resiko korupsi,” ucap Walilo kepada wartawan, Selasa (18/7)kemarin, di Jayapura.
Walilo yakin,korupsi bukan hanya bicara soal uang saja, tetapi juga dari sisi waktu dan perencanaan yang salah.

“Dengan kata lain, salah perencanaan berdampak pada korupsi. Sehingga masalah perencanaan ini juga menjadi perhatian kita,” tuturnya.

Sejumlah ASN di depan Kantor Bupati Jayawijaya. (Ema)

Ia menambahan, sejak empat tahun belakangan pihaknya sudah berusaha memperbaiki aset. Dimana untuk yang rusak telah dilakukan penghapusan. Dilain pihak, Pemda Jayawijaya juga telah menghibahkan aset yang ada, ke daerah pemekaran.

“Sehingga dengan menghibahkan aset tersebut, dengan sendirinya berkurang untuk Pemda Jayawijaya. Dengan demikian, kita lebih gampang untuk menata aset kita supaya menjadi lebih baik lagi,” tutur dia. (Erwin /Koran Harian Pagi Papua)