Kondisi Terkini, Pesawat Try-MJ Tergelincir Patah Ban dan Sayap Kiri

Nampak Sayap Pesawat Yang Patah Dan Ban Pesawat Try MJ Yang Terlepas Sejauh 100Meter Sebelum Pesawat Berhenti (Ema)
WAMENA (LINTAS PAPUA) – Pesawat Try-MJ dengan Nomor Lambung TRI-M.G Asia Air Lines PK-YGG mengalami Insiden tergelincir keluar jalur landasan Pacu Bandar Udara Waamena sepanjang 1300 meter, yang mengakibatkan kondisi pesawat dalam keadaan rusak, dimana Sayap Kiri dan Ban sebelah kiri patah hingga terlepas dari badan pesawat.

Pelaksana Harian Kepala Bandar Udara Wamena, Ferdy Halatu menjelaskan, pesawat dalam keadaaan rusak berat, dimana ban sebelah kiri pesawat terlepas, dan juga bagian sebelah kiri sayap pesawat patah akibat benturan, dimana dari kejadian ini landasan pacu tidak mengalami kerusakan.

Dijelaskannya, kejadian tersebut terjadi pada jam 12.49 Lokal Time, dimana pesawat take Off dari Bandara Timika menuju Wamena, dimana saat pesawat mendarat Bandar Udara Wamena normal.

“Namun setelah menempuh jarak diatas RunWay lapangan pacu Bandar udara Wamena sekitar 340 meter, pesawat tersebut miring kearah kiri Run Way sehingga masuk Solder dan tergelincir diluar lapangan pacu sepanjang 1.300 meter.

Dikatakan, Untuk penjelasan rinci terkait penyebab kecelakaan pesawat TRY – MJ, pihaknya masih menunggu pemeriksaaan Pihak KNKT.

Ditambahkan, untuk awak pesawat sendiri ada 5 orang yang terdiri dari Pilot Kapten Tatang, Co Pilot Ihali (Korea), Pandu, Kusnadi dan Fajar.

“Kalau untuk penumpang sendiri dari Timika kami belum ada Info pasti,” jelas Ferdy.

Dirinya menuturkan, untuk kargo yang diangkut dari Timika sebanyak 15.092 Kilo gram atau 15 ton lebih, dan untuk kargo yang ada tidak membuat offerload, namun untuk tipe pesawat Boing 737 Seri 300 berkisar 14 sampai 15 Ton untuk kekuatan Loadnya.

Terkait adanya Info bahwa salah satu ban pesawat tidak bisa keluar, Halatu menegaskan bahwa pihaknya belum dapat memberikan keterangan resmi, karena KNKT yang akan menjelaskan.

Lebihjauh dijelaskan, adanya insiden ini, Pihak pihak Bandar udara Wamena telah menutup semua penerbangan dari jam 13.00 siang hingga jam 15.20 dan sudah ada 7 perusahan penerbangan yang dibatalkan.

Dirinya menuturkan, terkait operasi penerbangan lainnya, Pihak bandara telah memberikan kebijakan dengan membuka penebangan hingga pukul 17.30 Waktu Lokal.

Sementara itu, Kapolres Jayawijaya AKBP Yan Pieter Reba di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, mengatakan salah satu dari tujuh orang yang selamat adalah anggota Polres Jayawijaya.

Dijelaskan, dari laporan yang diterimanya, Pesawat Tri M.G Asia airlines saat mendarat di Bandara Wanena, terdengar bunyi benturan pesawat yang sangat kuat dan menyebabkan pesawat keluar ke arah kiri landasan. (Ema)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...