BKKBN Papua Ikut Harganas di Lampung

0
10
Tim Stand Pameran Perwakilan BKKBN Provinsi Papua ber-photo booth dengan sepasang pengunjung. (GMR)

Bupati Keerom Drs. Celsius Watae, MH dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Sarles Brabar, SE.M.Si bersama Duta Genre Papua. (GMR)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Rombongan Provinsi Papua dipimpin Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua Sarles Brabar, SE.M.Si dan Sekretaris Philmona M. Yarollo, S.Sos.M.Si mengikuti Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan acara jalan santai dan Senam Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dan Hari keluarga Nasional (Harganas) di Lapangan Saburai, Jalan Sriwijaya, Enggal, Bandar Lampung.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 5.000 peserta dari 34 provinsi itu berhasil memecahkan rekor MURI. Pada momen ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung memperkenalkan Senam Germas pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV.

Senam Germas merupakan ciptaan Pemprov Lampung, berisi gerakan aerobik memakai lagu daerah Lampung yang dikombinasikan dengan gerakan tari bedana dengan iringan musik gamolan dan cetik.

“Lewat senam germas ini, Pemprov Lampung ingin mengingatkan kembali bahwa pencanangan Harganas pertama itu di PKOR Way Halim, Bandar Lampung, pada 29 Juni 1993 oleh Presiden Soeharto, dalam release yang diterima Harian Pagi Papua.

Bupati Keerom, Drs. Celsius Watae, SH saat berkunjung ke Stand Pameran Perwakilan BKKBN Provinsi Papua. (GMR)

Sekarang Harganas kembali di Lampung setelah 24 tahun. Jadi, harus ada sesuatu yang menarik dipersembahkan bagi peserta dari 34 provinsi yang akan di Lampung,” kata Gubernur Lampung Ridho Ficardo.

Menurut Gubernur, Pemprov Lampung ingin menjadikan Senam Germas menjadi alternatif senam sehat selain poco-poco dan senam gemu famire dari NTT.

“Mudah-mudahan lewat Harganas ini, masyarakat dari seluruh Indonesia mengenal Senam Germas yang berisi lagu-lagu Lampung yang diselipkan cetik dan gamolan,” kata Gubernur Ridho.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana menjelaskan, Senam Germas merupakan gerakan latihan fisik terprogram sesuai kaidah kesehatan. “Di dalamnya terdapat gerakan aerobik ringan dan sedang, sehingga cocok untuk berbagai jenjang usia,” kata Reihana.

Senam ini dirancang antara lain meningkatkan keseimbangan, mengoptimalkan tumbuh kembang, menurunkan risiko kematian dini, dan meningkatkan kerja otot jantung.

Menurut Reihana, senam ini terdiri dari gerakan pemanasan 6 menit, gerakan inti 15 menit, pendinginan 5 menit, dan peregangan selama 5 menit.

“Belum ada provinsi di Indonesia yang menciptakan Senam Germas. Kami sudah laporkan dan daftarkan senam ini ke Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pemuda dan Olah Raga.

Tim Stand Pameran Perwakilan BKKBN Provinsi Papua ber-photo booth dengan sepasang pengunjung. (GMR)

Gerakannya diadopsi dari beberapa gerakan tari bedana, sebagai tari pergaulan anak-anak muda Lampung,” kata Reihana.

Sesuai rencana, Jumat (14/07/2017) malam, Bupati Keerom Drs. Celsius Watae, MH akan menerima penghargaan Mangggala Karya Kencana (MKK) dari Menteri Dalam Negeri di Pendopo Maha Agung, Lampung.

Acara Harganas Lampung mengambil tema “Dengan Hari Keluarga Nasional Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga Yang Berketahanan.” Puncak acara Harganas akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriani Widodo pada Sabtu (15/07/2017) esok. (Gusty Masan Raya)