Motivasi Bangun Keluarga dan Kependudukan di Papua

0
82
Bupati Keerom, Drs. Celsius Watae, MH dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Sarles Brabar, SE.M.Si bersama Duta Genre Papua (Istimewa/GMR)

Bupati Keerom, Drs. Celsius Watae, MH dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Sarles Brabar, SE.M.Si bersama Duta Genre Papua (Istimewa/GMR)
BKKBN Papua Bangga Atas Dua Putra Papua Rahi Penghargaan
LAMPUNG (LINTAS PAPUA) – Bupati Keerom Drs. Celsius Watae, MH usai menerima penghargaan Mangggala Karya Kencana mengatakan, dirinya mengapresiasi BKKBN yang telah memberinya penghargaan bergengsi ini.

Ia menegaskan, pihaknya akan terus berkomitmen membangun Keluarga Berencana di Keerom demi meningkatkan kualitas manusia di daerah itu.

“Saya ajak semua bupati di Papua untuk mari kita dukung Program KB. Untuk Papua, KB tidak berarti menekan angka kelahiran dengan wajib dua anak cukup, tetapi untuk mengatur jarak kelahiran, menyiapkan keluarga yang terencana, sejahtera secara ekonomi dan kesehatan bagi anak-anak yang dilahirkan,” kata Bupati Celsius, di Bandar Lampung, Jumat (13/7/2017).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Sarles Brabar, SE.M.Si. dan Ibu berpose dengan Bupati Keerom Drs. Celsius Watae, MH dan ibu dan Drs. Yohanes Rahail, M.Kes usai menerima penghargaan (Istimewa/GMR)

Menurut Bupati Celsius, sebagai wujud komitmennya dalam pembangunan KB dan Kependudukan di Keerom, maka pada tahun ini dengan merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ia telah menjadikan BKKBN Keerom menjadi salah satu OPD tersendiri. “Penghargaan ini juga menjadi tanggung jawab saya untuk bekerja terus membangun keluarga berencana di Keerom,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Koalisi Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan Provinsi Papua, Drs. Yohanes Rahail, M.Kes mengatakan, penghargaan yang diterimanya menunjukkan pengakuan bahwa pendekatan pembangunan di Provinsi Papua berbasis wilayah adat mampu mendorong kualitas kependudukan yang lebih terarah dan terintegrasi.

“Dengan penghargaan ini, saya siap mendorong agar pembangunan kependudukan di Papua lebih berkualitas lagi terkait aspek demografis seperti pendidikan, tingkat kelahiran, dan upaya-upaya menekan angka kematian Ibu dan anak di Papua. Pada ujungnya, kita mendorong Pemerintah Provinsi Papua untuk terus memperbaiki Indeks Pembangunan Manusia Papua agar lebih baik ke depan,” kata Rahail.

Rahail menilai, Papua dengan kondisi geografis yang sulit menjadi tantangan tersendiri dalam pembangunan kependudukan dan keluarga yang berencana. Namun, dengan pendekatan lokal-kontekstual, masyarakat bisa menolong diri mereka dengan nilai-nilai kearifan lokal dalam keluarga dan ikut membentuk karakter bangsa.

“Nilai-nilai anak yang dipegang masyarakat Papua hendaknya tetap dijaga dan dipelihara sebagai jati diri masyarakat Papua. Dan ini jadi salah satu hal yang terus menjadi perhatian kita dalam pembangunan kependudukan di Papua,” tegas Rahail.

*Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Sarles Brabar, SE.M.Si turut berbangga karena dua putra terbaik Papua berhasil meraih penghargaan bergengsi itu. Menurutnya, penghargaan yang diraih merupakan bukti keseriusan mereka terhadap pembangunan keluarga di Kabupaten Keerom dan Papua. Apalagi, Keerom sebagai wajah depan Indonesia karena berada di perbatasan RI-PNG memiliki tantangan kependudukan tersendiri.

“Kita berharap penghargaan ini memberi motivasi bagi kami dan pihak terkait, juga menjadi inspirasi bagi kepala daerah lain di Papua untuk membangun keluarga berencana secara lebih terintegrasi ke depan. Selain itu, semoga prestasi ini dan juga apa yang kita pamerkan pada Harganas Lampung di stand pameran, bisa mengubah pandangan orang lain selama ini yang keliru menilai bahwa Papua itu tidak mampu, tidak aman. Kita Papua juga bisa dan berkualitas,” tegas Brabar.

Acara Harganas Lampung akan berakhir hari ini, Sabtu (15/07/2017). Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Widodo yang sedianya hadir pada acara puncak Harganas, batal hadir dan diganti Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani. Sekedar diketahui, Harganas XXV tahun 2017 sudah ditetapkan akan digelar di Manado, Sulawesi Utara.

Bupati Keerom Drs. Celsius Watae, MH bersama Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Sarles Brabar, SE.M.Si (Istimewa /GMR)

Gubernur Lampung menyampaikan terima kasih atas kesediaan seluruh kontingen dari 34 provinsi yang sudah datang menghadiri acara Harganas.

Ia berharap, dalam semangat Bhineka Tunggal Ika dan dmei menjaga karakter bangsa yang dimulai dari keluarga, momen Harganas ini bisa membawa dampak bagi kualitas keluarga Indonesia di masa depan.

“Selamat menikmati indahnya alam dan kuliner Lampung. Penduduk Lampung sebanyak 9 juta lebih dan 60 persen orang Jawa dan sebagiannya dari seluruh suku-suku lain di Indonesia. Hampir semua suku ada. Lampung ini menjadi Indonesia mini. Semoga bapak ibu sekalian bisa betah satu dua hari di sini dan kami siap menerima sebagai bagian dari keluarga besar Indonesia,” ujar gubernur termuda di Indonesia ini. (Gusty Masan Raya)