Yunus Kalabetme Syukuri Hasil PSU Intan Jaya, Kemenangan Milik Rakyat

0
8
Calon Wakil Bupati Intan Jaya, Yunus Kalabetme. (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

Calon Wakil Bupati Intan Jaya, Yunus Kalabetme, saat memberikan keterangan pers. (Eveerth/LintasPapua.com)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Calon Wakil Bupati Intan Jaya, Yunus Kalabetme mengatakan, pihaknya mengucap syukur dan menghargai hasil pemungutan pemungutan suara PSU 11 Juli 2017 dan hasilnya telah diplenokan.

“Puji Tuhan, hasilnya memang mendapatkan 1.079, sedangkan pasangan nomor urut satu sebanyak 120 suara dan incumbent mendapat 2.048 suara, sedangkan pasangan nomor urut empat tidak mendapatkan suara,” ujar Yunus Kalabetme, dalam keterangan kepada media di Abepura, Kamis (13/7).

Dikatakan, bahwa semua proses ini berjalan, karena adanya campur tangan Tuhan dan pihaknya masih mempunyai suara di Mahkamah Konstitusi.

“Kita masih punya suara di MK yang mana selama ini kita bulak balik Jakarta – Papua, sehingga secara akumulasi kami menang sebagai calon yang memiliki suara terbanyak,” jelasnya.

Disampaikan, bahwa semua proses ini, bukan karena kebolehan, tetapi karena anugerah Tuhan dan masyarakat mendukung serta menginginkan pasangannya.


Siap Merangkul Semua Kandidat

Diakuio, untuk proses demokrasi memang kita semua lawan, namun telah usai dan mari kita saling merangkul dan semuanya adalah kawan.

“Semua adalah kawan dan kita akan merangkul semua, dalam satu suku Moni Intan Jaya, jadi tidak ada lagi musuh atau apapun, namun semua adlah kawan,” ungkapnya.

Pilkada Intan Jaya diikuti empat pasangan calon (Paslon) Cabup-Cawabup yaitu paslon nomor 1 Bartolomius Mirip-Deny Miagoni, paslon nomor 2 Yulius Yapugau-Yunus Kalabetme, paslon nomor 3 atau petahana Natalis Tabuni – Yan Roberth Kobogoyauw, dan paslon nomor 4 Thobias Zonggonau – Hermanus Miagoni.

Sementara itu, terkait kelanjutan setelah Pleno PSU Intan Jaya, Anggota KPU Papua, Tarwinto menjelaskan, Dalam waktu 7 hari KPU Papua akan menyiapkan laporan PSU melaporkan kepada MK melalui KPU RI.

Perhitungan hasil diatas juga tidak terlepas dari Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Intan Jaya, Yulius Yapugau dan Yunus Kalabetme, memperoleh suara terbanyak pada Pilkada Kabupaten Intan Jaya. Perolehan suara kedua pasangan ini ditetapkan pada sidang pleno rekapitulasi lanjutan KPU Provinsi Papua.

Pasangan nomor urut 2 yang diusung Partai PDI Perjuangan dan PKB ini memperoleh 33.958 suara, mengalahkan empat kandidat lainnya.

Hasil perolehan suara pasangan nomor urut 1, Bartolomius Mirip dan Deny Miagoni, memperoleh 8.636 suara, nomor urut 2 Yulius Yapugau dan Yunus Kalabetme memperoleh 33.958 suara, nomor urut 3 Natalis Tabuni dan Yann Robert Kobogoyauw memperoleh 31.476 suara, sedangkan pasangan nomor urut 4 Thobias Zonggonau dan Hermaus Miagoni memperoleh 1.928 suara. Demikian akan dijumlahkan untuk menentukan pasangan suara yang terbanyak. (Eveerth Joumilena)