Bumi Kenambay Umbay Berduka Atas Kepergian Alm. Harold A. D. Monim

246

Almarhum akan di kubur pada , Selasa, (11/7/2017) pukul 11:00. di Kuburan Umum Kristen Kampung Sereh Distrik Sentani Kota.

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jayapura, Harold Arnold Daniel Monim SE. M.Si., dikenal sebagai orang yang rendah hati dan penuh kasih kepada semua orang, telah menghembuskan nafas terakhirnya dan rencananya akan dimakamkan pada Selasa, (11/7/2017).

Selaku kepala dinas sosial beliau adalah aparatur sipil negara (ASN) selalu memiliki komitmen, integritas dengan bekerja secara disiplin serta memiliki hati yang lembut sebagai seorang bapak dan juga seorang teman bagi bawahanya di kantor Dinas Sosial, sehingga tanpa terasa kebaikan beliau yang membuat masyarakat dan keluarga begitu banyak di rumah duka.

Almarhum dalam sebuah kegiatan Pemerintahan Kabupaten Jayapura, saat membawakan sambutan. (Istimewa)

“Beliau bisa menjadi teman bisa sebagai kawan juga sebagai orang tua yang selalu memotivasi kami beliau sangat disiplin, sangat luar biasa kredebilitasnya apa yang diperintahkan Pimpinan langsung di kerjakan, dan komitmenya itu yang luar biasa,” ungkap salah satu rekan kerjanya, Sekretaris Dinas Sosial, Purwanto, di rumah duka.

Kenangan serta contoh dan teladan yang diberikan almarhum tidak hanya pada SKPD tetapi hal ini juga diakui oleh beberapa teman seperjuangan dan juga adik-adik dalam lingkungan gerakan mahasiswa Kristen (GMKI) Kabupaten Jayapura.

Berbagai ucapan turut berduka atas kepergian Bapak Almarhum Harold Monim. (Istimewa)

“Kita merasa kehilangan fugur dari kader GMKI karen banyak juga Beliau berkontribusi bagi GMKI Papua, dan Papua barat, kami sebagai kader juga merasa kehilangan” ungkap salah satu kader GMKI Theopilus H Tegai. Mantan Ketua GMKI Cabang Jayapura saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabuoaten Jayapura.

Berto Tungkoye, selaku Ketua GMKI Cabang Sentani Kabupaten Jayapura menambahkan. Bung Harold adalah Senior GMKI yang selalu membantu dan berperan aktif didalamn kegiatan GMKI.

“Almarhum adalah figur Kabuoaten Jayapura yang baik. Kami GMKI Sentani merasa kehilangan. Almarhum selalu memberi motivasi dan dorongan kepada kami,” ucapnya.

Dikunjungi Bupati Mathius Awoitauw dan Istri Bupati Kabupaten Jayapura, saat almarhum masih kondisi sakit. (Istimewa)

Sementara itu, Adik ke 12 dari Almarhum yang juga menjabat angota DPRP Provinsi Papua, Herlin Beatrix Monim mengatakan, Kaka arol seoarang pekerja keras, dan santa teladan bagi keluarga.

Dikatakan sebelumnya Almarhum menderita sakit gula, dan selain pola makan dijaga kualitas instraat juga harus di jaga, dan Almarhum kurang istirahat, sehingga mungkin mengakibatlan kambuh lagi, pada moment persiapan pembagian undangan Pesparawai disitu beliau mulai sakit.

Setalah dirujuk ke beberpa rumah sakit, di Jayapura namun kondiai masih drop saat dirumah, sepat belum fit Almarhum berusaha untuk ke kantor tetapi sempat pinsan dan dilarikan ke rumah sakit, Dian Harapan, dan selajutnya dirujuk ke Dok II, hingga Jumat, (07/7/2017).

Almarhum terbaring dalam peti jenazah, siap dimakamkan pada Selasa (11/7/2017) di Kuburan Sereh, Sentani. (istimewa)

Dikatakan, Beatrix yang mengaku sangat dekat dengan Almarhum itu, bahwa karena gula yang tinggi sehingga berdampak ke penyakit lain, hingga almarhum dibaringakn di ruang ICU, sampai minggu kemarin menghembuskan nafat terakhir pada pukul 08:20.

“Kaka Harold ini orangnya memang tidak salah dia di tempatkan di dinas Sosial karena kasinya sangat tinggi bagi siapa saja, tidak perna dia menutup diri ketika ada yang membutuhkan pertolongan, langsung bantu kasihnya untuk memberikan bantuan yang sangat luar biasa yang pantut kami keluargga teladani,” papar Beatrix.

Ia mengatakan, pihaknya memiliki 12 bersaudara Almarhum masuk dalam urutan ke 8, dari 12 bersaudara, laki – laki 5 perempuan 7, dan Almarhum meningalkan dua orang anak dan seoarang istri. Pertama Kristin Monim dan Herlin Beatrix Monim.

Sebagai keluarga ia berharap, apa yang dilakukan almarhum bisa menjadi berkat bagi masyarakat Kabupaten Jayapura dengan kebaikanya sekali pun itu kecil dapat dikenang masyarakat Jayapura.

Selain itu keluarga terhadap juga adanya perhatian dari pemerintah Kabupaten kepada keluarga almarhum yang ditinggalkan dan juga ada permohonan maaf dari keluarga atas salah dan perbuatan yang tidak menyenangkan dari almarhum

Dan perku diketahui bawah almarhum akan di kubur pada , Selasa, (11/7/2017) pukul 11:00. di Kuburan Umum Kristen Kampung Sereh Distrik Sentani Kota.

Salah Seorang Siswa SMP, Murni Fitra dalam akun facebooknya menulis, segenap Keluarga Besar Komite SMP N 2 Sentani Turut Berduka Cita yg sedalam dalamnya ats meninggalnya bpk. Harold Monim, S. Sos , M.Si.. Kepala Dinas Sosial Kab. Jayapura.. “Almarhum jg merupakan sosok yg peduli terhadap dunia pendidikan.. semoga amal bakti almarhum selama hidup didunia di terima disisi Tuhan dan diampuni segala dosa dosa nya.. Aamiin,” tulisnya.

Berbagai ucapan belasungkawa terus berdatangan, tentunya kesederhanaan dan sikap hidup almarhum telah banyak menjadi berkat baik melayani sebagai AKAN dan sebagai masyarakat dan pelayan Tuhan, tentunya Bumi Kenambay Umbay berduka atas kepergian orang cerdas ini.

Sementara itu, Irma Sokoy (Maer) menulis, Sedih karena harus kehilangan orang – orang Hebat dari tengah keluarga dari kitong punya Kampung Putali dan dari Bumi Khena Mbi Umbai. “Rest In Peace Om Terkasih Harold Monim, 09 Juli 2017,” tulisnya.


Sementara itu, Seorang Aktivis Perempuan Papua asal Sentani, Lien Maloali menuturkan, Melihat banyak sekali ucapan Turut Berdukacita.. rasa hati sedih.. karna kehilangan satu lagi sobat kerja

“Walau hati sedih namun dalam harapan iman kami berbahagia karena engkau HAROLD MONIM sahabat kami… mati di dalam TUHAN, dan kami percaya bahwa pengampunan dan tempat telah disediakan JESUS KRISTUS baginya,” tulis Ibu Lien Maloali, dalam akun facebooknya.

Sementara itu, Theo Ayorbaba, dalam akun facebooknya menulis, “Pagi ini memulai tugas dgn Sedih, membaca berita duka di group WA, DPD GAMKI Papua, telah dipanggil oleh Sang Gembala Agung, Senior Harold Arnold Daniel Monim, S.Sos,” kata Mantan Ketua GAMKI Papua ini.

Disebutkan, bahwa almarhum adalah Senior di Asrama Sakura Uncen Unit Mambruk Kamar No.4,. Senior di BPC GMKI Jayapura, Periode 1996-1998,.
Senior di SMPT Uncen.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jayapura ini, katanya, Sering memanggil Namanya SAMBRAS, Satu yg selalu kukenang Senior ini selalu tersenyum, dan ketawa paling besar.

“Siooo Jauh Sekali di Negeri Borneo, Palangka Raya saya tidak bisa melayat, tapi ada doa khusus untuk keluarga semua yg di tinggalkan oleh Almarhum, Sampai Bertemu di Yerusalem Baru, Seniorku Terkasih, Sang Gembala Agung sudah memelukmu dalam Keabadian”God Is Good,” tulisnya dengan suasana duka dan imani semua baik dalam kematian bersama Tuhan.
(***)