Penerimaan Siswa Baru di Jayawijaya Belum Bisa Terapkan Sistem Online

110
Nampak Anak-Anak SD Kulitarek Saat Hendak Pulang Sekolah di Jayawijaya. (Ema)

Nampak Anak-Anak SD Kulitarek Saat Hendak Pulang Sekolah di Jayawijaya. (Ema)
WAMENA (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Jayawijaya sampai saat ini belum dapat menerapkan sistim Online untuk penerimaan siswa baru di seluruh Wilayah Kabupaten Jayawijaya.

“Kita punya keinginan seperti itu, tetapi sampai kita kemarin diskusi dengan teman-teman kami belum bisa gunakan sistim online,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayawijaya melalui Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Jayawijaya Bambang Budiandoyo, Senin (3/7/2017).

Dijelaskannya, sistim online memang sangat baik, karena dapat membangun transparansi akuntabilitas yang baik, namun harus didukung dengan jaringan internet yang baik.

Menurutnya, unntuk Kabupaten Jayawijaya memang masih belum optimal untuk jaringan Internet, sehingga bisa dibayangkan adanya kesulitan akses bagi sekolah yang berada di luar kota Wamena, sehingga hal inilah yang menjadi alasan dan pertimbangan dinas pendidikan untuk menerapkan hal pendaftaran Online.

“Kita bukan anti teknologi, karena kita sudah lakukan ujian Online, tes kompetensi guru online juga sudah, namun untuk TPDB belum dapat dilakukan, karena pertimbangan jaringan dan jarak wilayah sekolah,” jelas Bambang.

Lebih jauh dikatakan, selain sistim penerimaan Online, pihak dinas pendidikan Jayawijaya juga belum dapat menerapkan sistim Zonasi.

“Karena belum ada pemerataan, namun kami akan tetap memberikan pelayanan dan keadilan pendidikan bagi setiap anak,” harapnya. (Ema)