Seluruh Panitia PON XX 2020 Papua Diminta Berkontribusi

0
663
Ilustrasi Sejumlah Atlet Papua perahi prestasi emas di PON XIX 2016 lalu di Jawa Barat . (Eveerth Joumilena / lintaspapua.com)

Gubernur Papua didampingi Sekretaris KONI Papua, Yusuf Yambe Yabdi di lokasi dimulainya pembangunan stadion utama di Kampung Harapan, sebelumnya.. (ISTIMEWA)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda, Yusuf Yambe Yabdi berharap, seluruh panitia PON XX 2020 agar berkontribusi penuh mewujudkan pelaksanaan even empat tahunan tersebut di Bumi Cenderawasih.

“Contohnya ada kurang lebih 12 komponen strategis yang berpotensi memberikan kontribusi terhadap suksesi penyelenggaraan PON, selain SDM, transportasi, akomodasi, konsumsi, keamanan”,” ujar Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda, Yusuf Yambe Yabdi, Selasa, (4/7/2017) kemarin.

“Hal lainnya untuk kepanitiaan yang dikoordinatori Biro Perekonomian Daerah Setda Papua, contohnya mereka bisa melakukan konsolidasi dengan BUMN dan BUMD untuk memaksimalkan Community Social Responcibility (CSR)”.

“Dimana dari dana CSR itu, bisa dimanfaatkan membiayai komponen-komponen tertentu. Misalnya pengadaan kostum PON senilai Rp 400 Miliar. Dengan demikian beban pemerintah provinsi bisa menjadi berkurang,” kata Yusuf di Jayapura, kemarin.

Sementara dalam pelaksanaan PON, pihaknya mendorong penggunaan komponen pemasaran (marketing), guna mendatangkan pemasukan menyongsong even nasional tersebut.

Diantaranya bermitra dengan pihak tertentu untuk membuat oleh-oleh PON yang dapat dijual kepada masyarakat luas. Kemudian hak siar TV yang diproyeksikan dapat mendulang penghasilan besar untuk suksesi penyelenggaraan PON diatas tanah ini.

“Makanya sejak saat ini saya harap seluruh bidang-bidang dalam kepanitian segera bekerja untuk berkontribusi dalam PON 2020. Apalagi master plan PON 2020 sudah rampung sehingga bidang-bidang sudah bisa bekerja selama tiga tahun kedepan ini,” harap dia.

Ilustrasi Sejumlaah Atlet Papua perahi prestasi emas di PION XIX 206 lalu di Jawa Barat . (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

Pada kesempatan itu, Yusuf mengharapkan dalam tahun ini juga segera turun Keputusan Presiden (Keppres) terkait pendanaan untuk pelaksanaan PON di Papua. Oleh karenanya, pihaknya dalam bulan ini mendorong penyelesaian maupun evaluasi terhadap master plan PON dari bidang-bidang, untuk selanjutnya disampaikan ke Menteri Sekertaris Negara.

“Dan setelah itu tinggal menunggu waktu rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, kemudian diharapkan sesegera mungkin pula terbit Kepres yang mendukung PON di tanah ini,” pungkasnya. (Erwin /Koran Harian Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here