1 Juli 2017, Kabupaten Jayapura Tetap Kondusif

0
9
Kapolresta Jayapura, AKBP Gustav R. Urbinas, SH, S.IK., saat memberikan keterangan. (Irfan)

Kapolres Jayapura, AKBP Gustav R. Urbinas, SH, S.IK., saat memberikan keterangan. (Irfan)
SENTANI (LINTAS PAPUA) – Suasana tanggal 1 Juli yang diperingati sebagai hari kemerdekaan Organisasi Papua Merdeka (OPM), juga HUT Bhayangkara ke-71 tahun 2017, di wilayah Kabupaten Jayapura, aman dan kondusif.

Bahkan hingga Sabtu (1/7/2017) sore, Kabupaten Jayapura, tak ada pengibaran bendera Bintang Kejora, sebagaimana dari isu yang beredar di masyarakat.

Kapolres Jayapura, AKBP Gustav R. Urbinas, SH, S.IK, kepada wartawan usai pelaksanaan Upacara HUT Bhayangkara di Halaman Mapolres Jayapura, Sabtu (1/7) lalu, mengakui situasi Kamtibmas di Kabupaten Jayapura aman dan tetap kondusif, dimana tidak ada pengibaran bendera BK yang sering dilakukan setiap peringatan tanggal 1 Juli.

“Tidak ada gerakan tambahan dan sampai saat ini situasi aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Jayapura,” ujar Kapolres Gustav.

Selain itu, Kapolres Gustav juga mengatakan, status siaga 1 sudah diberlakukan mulai tanggal 29 Juni 2017 lalu.

“Tadi malam (kemarin) kita tingkatkan lagi dengan pelaksanaan razia maupun patroli denga di back up anggota TNI. Tidak hanya Polres, jajaran Polsek juga saya perintahkan untuk siaga dengan meningkatkan kegiatan patroli antisipasi gangguan kamtibmas,” ucapnya.

Polisi saat melakukan patroli pengamanan di jalan raya. (Irfan)

“Dimana, razia juga dilaksanakan di wilayah Polsek kemuk dan Polsek Nimbokrang yang merupakan jalur utama trans Kabupaten Jayapura menju Kabupaten Sarmi. Selama pelaksanaan siaga 1 sampa malam tanggal 1 Juli 2017 (kemarin lalu), situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Jayapura masih dalam keadaan aman, kondusif dan terkendali. Tidak ada hal-hal menonjol yang kami temukan serta dilanjutkan hari ini sampai besok (kemarin) menunggu status siaga ini dicabut,” tukasnya.

Selama pelaksanaan siaga jajaran Polres Jayapura melaksanakan giat razia dan patroli yang dilaksanakan semalam 30 Juni 2017 di Halaman Kanto Satlantas Polres Jayapura pada pukul 21.00 WIT dan juga pertigaan mata jalan Genyem Sentani pukul 01.00 WIT. Yang mana, merupakan titik rawan guna mengantisipasi gangguan kamtibmas dalam rangka cipta kondisi menjelang kalender kamtibmas 1 Juli 2017. (Irf /Sumber Koran Harian Pagi Papua)