Walikota Jayapura dan Gubernur Bantu Pembangunan Gereja GBGP Filadelfia

169
Suasana Ibadah dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung GBGP Filadelfia Overtom Jayapura. (Eveerth Joumilena/LintasPapua.com)

Suasana Ibadah dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung GBGP Filadelfia Overtom Jayapura. (Eveerth Joumilena/LintasPapua.com)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., dan Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH., ikut peduli dengan pembangunan Gereja Betherl Gereja Pentakosta (GBGP)Jemaat Filadelfia Overtom Kota Jayapura, dengan meletakan batu pertama untuk pembangunan gedung dua lantai.

Acara Peletakan batu pertama diawali dengan ibadah Minggu yang dipimpin Gembala Jemaat, Pdt. Markus P. Sambara, S.Th, MA., dilanjutkan degan doa bersama mendoakan Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., diikuti selruh pimpinan organisasi perangkat daerah yang datang serta Asisten I Setda Papua, Doren Wakerkwa, mewakili Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Selanjutnya, dalam sambutan Ketua Panitia Pembangunan DR. Musa Yan Jouwe, SH, M.Si., mengatakan, bahwa pembangunan Gereja GBGP Jemaat Filadelfia adalah yang ketiga setelah pembangunan pertama di tahun 1957 dengan Gembala Jemaat Pertama adalah Pdt. Lukas Jouwe.

DR. Benhur Tomi Mano, MM., saat membawakan sambutan, selaku anak asli Port Numbay,mendukung penuh pembangunan rumah Tuhan, agar gereja ikut membangun Kota Jayapura, sesuai visi Kota Jayapura sebagai Kota Beriman. (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

“Pembangunan kedua dilanjutkan pada 1978 dengan gembala sidang adalah Pdt. Yunus Minggu dan dibantu Pdt. Roland Manufandu dan Bapak Yohanes Pampang dan kini akan dilanjutkan pembangunan ketiga yang kita sedang mencanangkan dengan gembala sidang Pdt. Markus Sambara, S.Th,” ujar Musa Jouwe, dalam sambutannya dihadapan jemaat, Minggu (18/6/2017) pekan lalu.

Perkembangan kota semakin pesat dan kondisi parkir mengganggu aktivitas jalan, katanya, sehingga Pembangunan akan dibangun dua lantai keatas, dibawah ruang parkir , lantai kedua ibadah dan lantai ketiga semacam ruangan untuk anak –anak idpinghiran kota kita bawa untuk diberkan pelatihan dan pembinaan iman.

Dikatakan, bahwa Jemaat telah mendapat dana dari janji iman senilai Rp. 1 miliar dan Gubernur Papua sumbang Rp. 5 Miliar, dan selanjutnya Wali Kota Jayapura juga membantu.

“Dana Janji iman kurang lebih Rp. 1 Miliar, Gubernur Bantu 5 Miliar dan Perhitungan kami Rp. 10 miliar, Dan saat ini kami sudah punya modal 6 miliar dan kami yakin Tuhan akan sediakan Rp. 4 miliar untuk dana pembangunan sisanya,” ucap Musa Jouwe, dengan percaya.

Sementara itu, Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., dala sambutannya mengatakan akan bantu seluruh biaya yang masih dibutuhkan untuk pembangunan Gereja GBGP Filadelfia dan mengajak seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah untuk sumbang Rp. 2 Juta.

“Saya akan bantu sepenuhnya untuk gedung gereja, saya akan bantu dengan batu tela dan semen dan apapun saya akan bantu supaya pembanguan tepat pada waktu sesuai rencana Tuhan,” kata Wali Kota Jayapura, dalam sambutannya dihadapan jemaat Tuhan.
Dirinya menuturkan, bahwa apa yang dilakukan adalah untuk menata iman dan inilah tugasnay sesuai visi yang Tuhan berikan.

Sementara itu, Gubernur Papua, yang diwakili Aisten I Setda Papua, Doren Wakerkwa mengatakan, Gubernur Papua meminta maaf tidak bisa hadir, karena ada tugas penting lainnya, namun tetap membantu Rp. 5 Miliar.

“Kehadiran saya sebagai asisten I juga membantu Rp. 100 juta, sehingga saya berharap panitia tetap kota dan mendoakan semua pembangunan untuk berjalan baik sesuai rencana Tuhan,” pesannya dalam sambutan.

Dalam kesempatan tersebut sebelumnya, Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano meminta kesediaan pimpinan OPD untuk janji iman membantu kepanitian dengan langsung menyebut besaran jumlah sumbangan dan semua berkisar Rp 2 juta – RP. 5 juta termasuk seorang Anggota DPRD Kota Jayapura, Ibu Maria Pampang yang sumbang Rp. 10 juta.

Pelatakan batu pertama oleh Wali Kota dan Asisten I Setda Papua berjalan dengan aman dan disaksikan warga jemaat tersebut dan dilanjutkan acara jamuan kasih bersama. (***)