Sidak Tiga Puskesmas, Wakil Wali Kota Menilai Perlu Tambah Jam Pelayanan

0
9

Wakil Wali Kota, Ir. H. Rustan Saru, MM., saat menyapa warga di Puskesmas. (istimewa)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Wakil Wali Kota Jayapura, Ir, H. Rustan Saru, MM melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ketiga Pusat Kesehatan Masyarakat(Puskesmas), masing- masing di Puskesmas Hedam, Puskesmas Yoka dan Puskesmas Waena, sekaligus menilai, bawha perlu adanya penambahan jam pelayanan, sehingga masyarakat tetap terlayani baik, Rabu (28/6/2017).

“Jadi kami sudah jalan melihat tiga Puskesmas, yakni Hedam, Yoka dan Puskesmas Waena, tentunya Puskesmas Hedam hanya melayani pagi hinga jam 1 siang, sehingga perlu ditambah waktu, sebab jangan sampai masyarakat kecewa,” ujar Wakil Wali Kota, Rustan Saru, saat meninjau pelayanan kesehatan tiga Puskesmas di Distrik Heram.

Wakil Wali Kota Jayapura, ditemani Kabag Humas dan Protokol Kota Jayapura, Rocky Bebena, saat melihat kondisi Puskesmas. (istimewa)

Dirinya menilai, dari segi ruang juga harus diakui terbatas, tentunya ini akan menjadi prioritas, sebagaimana komitmen Wali Kota Jayapuraa, DR. Benhur Tomi Mano, MM., agar pelayanan kesehatan kita harus bisa mencapai akreditasi baik.

“Sedangkan untuk Puskesmas Yoka masih pada masalah pelayanan yang belum buka padahal sudah jam 10 pagi, tenytunya iniada gejalayang tidak baik kepada masyarakat, padahalinstruksi Wali Kota harus dibuka sejak pagi dan melayani masyarakat baik,” pesan Wakil Wali Kota.

Ditambahkan, bahwa hal inisangat disayangkan untuk Puskesmas Yoka, sehingga perlau ada teguran keras.

“Puskesmas Yoka Ini harus ada teguran keras, namun harus diakui bangku dan air masih menjadi kendala, walaupun demikian, sehharusnya bisa melayani baik, lalu menuntut, sehingga pemerintah bisa melihat kebutuhan ini secara baik,”pesannya.

Ketika ditanyakan Puskesmas Waena, dirinya menyarankan adanya ruang tunggu yang tertutup, selain perlu adanya kendaraan untuk melayani Puskesmas Pembantu (Pustu).

“Memang waena sudah berjaan baik, namun perlu kendaraan untuk melayani pustu dan perlu ada penambahan ruang tungguyang tertutup,” akuinya.

Mantan Anggota DPR Papua ini mengakui, sesuai komitmen bersama Wali Kota Jayapura, yakni akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, tentunya dengan pelayanan 24 jam, sehingga Puskesmas juga harus mendukung program pemerintah kota.
“Masyarakat sehat tentunya angka harapan hidup semakain baik dan angka kematin semakin berkurang, tentunya kedepan juga harus adanya pemeriksaan gratis,” katanya.


Dirinya menghimbau, kepada masyarakat, jika ada sesuatu silahkan melakukan pengobatan, namun jika tidak bisa datang, akan dijemput oleh petugas, sebagaimana program Wali Kota Jayapura akan melakkan pelayanan kesehatan door to door dalam melayani kesehatan masyarakat. (Eveerth Joumilena)