Silahturami IJTI Papua Barat dan Dandim 1704 Sorong

0
521
Suasana Silahturami IJTI Papua Barat dan Dandim 1704 Sorong. (Istimewa)

SORONG (LINTAS PAPUA) – Silahturahmi Pengurus Daerah Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Papua Barat bersama Komadan Kodim 1704 Sorong, Letkol Inf. Daniel Edgard Syaloom Lalawai, di ruangan kerja Dandim, Kamis (22/10/2017).

Hal ini, dalam rangka membangun kerjasama yang positif antara TNI dengan masyarakat, karena itu masukan dan koreksi termasuk dari insan pers sangat dibutuhkan agar TNI tetap dicintai oleh masyarakat dan menjadi mitra yang baik dalam membangun Papua Barat khususnya Sorong Raya yang Damai.

Demikian yang disampaikan Komandan Kodim 1704 Sorong, Letkol Inf. Daniel Edgar Syaloom Lalawi saat menerima kunjungan silahturahmi Pengurus Daerah   Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Papua Barat, Kamis (22/6/2017).

“Masukan dan kritik menjadi motivasi untuk kita (Kodim 1704 Sorong/TNI) bisa memperbaiki diri dan terus berkembang menjadi pengayom dan pelindung masyarakat.

Panglima TNI sangat peduli terhadap hal-hal yang berkaitan dengan disiplin anggota karena itu kedepan kami berharap adanya dukungan dan masukkan dari semua pihak termasuk salah satunya Insan Pers di Kota Sorong, Papua Barat  agar kami bisa membangun kerjasama yang positif untuk mendorong TNI tetap menjadi institusi yang selalu dicintai oleh rakyat,”tegas Dandim 1704 Sorong,
Letkol Inf. Daniel Edgar Syaloom Lalawi saat menerima Pengurus Daerah IJTI Papua Barat, Kamis, (22/6/2017).

Dandim 1704 Sorong, menyampaikan banyak terima kasih atas kunjungan pengurus daerah IJTI Papua Barat dan  lebih lanjut Mantan Danyon 752 VYS Sorong menyampaikan sebagai pejabat militer di Daerah dirinya  meminta banyak masukan terutama dari Insan Pers di Kota Sorong. Karena itu sebagai langkah-langkah kedepan  dirinya akan melaksanakan silaturhami dengan insan pers di Kota Sorong seperti ini dengan mendatangi beberapa media untuk melaksanakan dialog dengan insan pers agar kita mendapatkan masukan dan informasi.

Sementara itu Ketua IJTI Pengda Papua Barat, Chanry Andrew Suripatty mengatakan, silaturhami ini sangat bermanfaat guna memperkenalkan organisasi IJTI kepada pejabat instansi dan Militer serta Kepolisian dan Masyarakat.

“Dimana IJTI merupakan satu dari tiga organsasii pers yakni PWI dan AJI yang merupakan konstituen Dewan Pers dan kedepan tentunya IJTI Papua Barat, akan membantu pihak TNI dalam  pelatihan-pelatihan jurnalistik dan mensosialasikan uu pers no 40 tahun 1990 dan kode etik jurnalis kepada anggota TNI,” jelasnya.

Ditambahkan, bahwa hal ini, agar kedepan dalam pelaksanaan tugas di lapangan tidak twrjadi gesekan dan tentunya semua pihak dapat memahmi fungsi dan peran pers sebagai fungsi kontrol.

Selain itu, pihaknya akan menyampaikan kepada pimpinan IJTI Pusat untuk memfasilitasi kegiatan workshop bagi anggota TNI di kota Sorong dengan merangkul Media maupun Insan Pers dalam rangka menjalin kerjasama.

Chanry yang juga merupakan Koresponden senior  salah satu tv swasta Nasional mengatakan, pencerahan bagi pihak TNI dalam hal Peace Journalism ( jurnalisme damai) penting dilakukan agar pemberitaan yang sejuk di daerah seprti oapua tetap berjalan baik, tanpa melupakan tugas dan fungsi pers sebagai fungsi kontrol.

Chanry juga mendorong adanya kerjasama dengan pihak TNI  tersebut, dan sangat mengharapkan agar jalinan silaturahmi tidak hanya dengan IJTI saja tetapi dengan Media Massa lainnya yang sebelumnya sudah terjalin dan terbina dengan baik agar terus dipelihara dan ditingkatkan”jelasnya Chanry. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here