Hari Ini, Gubernur Papua Buka Iven Festival Danau Sentani 2017

Category: Lintas Papua, Nasional & Dunia 23 0
(Facebook Gustaf Griapon)

SENTANI (LINTAS PAPUA)- Festival Danau Sentani (FDS) ke-X Tahun 2017 yang merupakan ajang pameran pruduk kreatif kerajinan tangan lokal, budaya hingga kuliner serta ajang kesenian itu akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH, pada hari Senin (19/6/2017), direncanakan Pagi ini Pukul 09.00 waktu Kenambay Umbay di Kawasan Wisata Pantai Khalkote, Kampung Asei Besar, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

“Ya, pembukaan iven FDS tahun 2017 ini akan dihadiri dan dibuka secara resmi oleh bapak Gubernur. Selain itu juga, akan dihadiri pejabat lainnya baik dari pemerintah pusat, unsur Forkompimda Kabupaten/Kota se-Provinsi Papua dan sleuruh tokoh adat, ucap Sekretaris Panitia Pelaksana FDS ke-X tahun 2017, Ir. Rudi A. Saragih, ketika ditemui Harian Pagi Papua usai penyambutan ratusan kendaraan hias peserta pawai budaya, Sabtu (17/6/2017) pekan kemarin.

Pada grand openingnya akan dimeriahkan dengan pertunjukan tarian tradisional selamat datang Honong sebagai pengantar untuk penyambutan Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH, beserta rombongan untuk membuka secara resmi pelaksanaan iven FDS ke-X tahun 2017.

Baca Juga :  Mutiara Hitam Persipura Kupas Singo Edan, Tanpa Ampun Injak 2 - 0

Setelah pembukaan oleh pak Gubernur, akan dilanjutkan dengan kunjungan ke tiap-tiap stand pameran yang ada disekitar area FDS, kemudian pak Gubernur akan melakukan tur wisata dan juga dilakukan dengan acara jamuan buka puasa bersama antara Pemprov Papua bersama Pemkab Jayapura dengan pak Menteri di Hotel Grand Allison, tukasnya.

(Facebook Gustaf Griapon)

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana FDS X, Chris Kores Tokoro menambahkan, Festival Danau Sentani (FDS) X akan dibuka hari Senin (19/6) ini. Festival yang sudah memasuki tahun ke-10 ini kembali digelar dalam rangka melestarikan dan mengembangkan budaya masyarakat.

Jadi, acara digelar untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) dan wisatawan nusantara (Wisnus) ke Sentani serta Papua, ucapnya.

Tema yang dipilih untuk FDS 2017, yakni Cipta Harmoni Budaya, yang memiliki arti mengajak masyarakat untuk menciptakan keharmonisan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kami akan mengusung tema itu dengan kombinasi keindahan Danau Sentani, tambah Chris Kores Tokoro yang juga Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura tersebut.

Rencananya, FDS 2017 selain dimeriahkan pawai budaya, juga akan dimeriahkan pertunjukan seni, lomba, ajang promosi daya tarik wisata, fotografi obyek wisata, lomba bidang kesenian dan olahraga, promosi penyelenggaraan PON XX Papua, dan tur wisata Danau Sentani untuk melihat objek wisata budaya, alam serta buatan disekitar tepian danau.

Baca Juga :  Siohh Saja, Sisa Tiga Bulan Tapi Daya Serap Anggaran di Papua Hanya 38 Persen

Puncak acaranya pada 19 Juni (hari ini), namanya Harmoni Budaya di Pagar Nusatara. Atraksi utama ini akan diikuti ratusan masyarakat dari semua suku di Indonesia yang ada di Sentani, Kabupaten Jayapura.

(Facebook Ted Mokay)

“Mereka berbaur semua, menari sebagai bentuk keberagaman dan kebhinnekaan, imbuhnya diakhir wawancara. (Irfan / Harian Pagi Papua)

Related Articles