Wujudkan Visi Lukas Enembe, Dinkes Papua Dorong Peningkatan Fasilitas RSUD

Category: Lintas Papua 20 0

Aktivitas pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura. Fasilitas pelayanan ini diharakan ditingkatkan mulai tahun ini. Tak hanya di RSUD Jayapura. (Erwin)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Dinas Kesehatan Provinsi Papua mendorong peningkatan fasilitas dan sumber daya manusia (SDM) di setiap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang ada di Bumi Cenderawasih, sebagaimana menjadi visi Gubernur Papua, Lukas Enembe.

“Sebab kehadiran pemerintah adalah untuk memperpendek ‘tangan’ pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sehingga kita harap seluruh pemerintah kabupaten dan kota dapat meningkatkan kualitas mulai dari SDM hingga fasilitas umum yang ada,” tutur Kepala Dinas Kesehatan Papua Aloysius Giay di Jayapura, Jumat (16/6/2017) kemarin.

Dikatakan, bahwa peningkatan fasilitas dan SDM tersebut bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Dia mengatakan, salah satu visi dan misi Gubernur Papua adalah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Papua.

Dengan demikian, semua pihak terkait tak terkecuali pemerintah kabupaten dan kota, harus mampu menterjemahkan visi dan misi Gubernur Papua dengan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, melalui peningkatan fasilitas maupun SDM di tiap-tiap rumah sakit.

“Contohnya rumah sakit umum daerah yang ada di Biak, Merauke, Wamena, Mimika dan Nabire. Memang selama rumah sakit tersebut telah memberi pelayanan yang maksimal, tapi sekali lagi harus ada peningkatan pelayanan,” jelasnya.

Baca Juga :  Kaka Lukas Enembe Ajak Partai Politik Koalisi Bersama Bangun Papua

“Apalagi bapak Gubernur Papua, Lukas Enembe, telah menganggarkan 15 persen dana otonomi khusus untuk menata dan melayani kesehatan di Papua. Sehingga diharapkan tugas ini dapat ditindaklanjuti,” kata dia.

Kepala Dinas Kesehata Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

Pada kesempatan itu, Aloysius mengimbau seluruh petugas kesehatan di rumah sakit umum daerah yang ada di seluruh Papua, agar mampu melaksanakan tugas pelayanan dengan lebih maksimal.

“Sebab meski memiliki medan yang sangat berat, menjadi seorang petugas medis merupakan sebuah tugas mulia untuk dilaksnakan. Sehingga harapannya, masyarakat Papua di masa mendatang dapat terus hidup sehat. Karena bila Papua sehat, maka Indonesia pun demikian,”pungkasnya. (Erwin)

Related Articles