Terdata 525 Lansia, Dinsos Kota Jaya Giatkan Pelayanan Tambahan Nutrisi

Category: Lintas Papua, Sosial Masyarakat 5 0

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Irawan mengatakan, ada sekitar 525 lansia yang telah didata di Kota Jayapura dan selama ini pihaknya telah memberikan bahan makanan khususnya nutrisi pada lansia ini tiap tahunnya.

Hal ini disampaikan dalam kegiatan Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melalui Dinas Sosial saaty menggelar peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 31 Tahun 2017 sebagai bentuk pelayanan kasih Pemkot bagi para orang tua lanjut usia (lansia) yang ada di Kota Jayapura, kegiatan ini bertempat di Aula Sian Soor Kantor Walikota, Jumat (16/6/2017).

Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Irawan mengatakan sesungguhnya hari peringatan Lansia itu jatuh pada tanggal 29 Mei setiap tahun, tetapi dari petunjuk yang ia dapat dari Pusat, untuk hari Lansia itu diaksanakan pada bulan April, Mei dan Juni, dimana bulan-bulan tersebut disebut sebagai bulan lansia.

“Tujuan kami menyelenggarakan hari lansia yang ke 31 tahun 2017 adalah memberikan rasa gembira kepada orang tua kita, agar mereka tidak merasa kesepian dan merasa diperhatikan sekaligus memberikan semangat kepada mereka, agar mereka juga bisa memiliki semangat hidup terutama dalam menjaga kesehatan mereka,” terang Irawan.

Baca Juga :  Seluruh Panitia PON XX 2020 Papua Diminta Berkontribusi

Irawan memaparkan dari data yang baru dilakukannya, ada sekitar 525 lansia yang telah didata di Kota Jayapura. Dan selama ini pihaknya telah memberikan bahan makanan khususnya nutrisi pada lansia ini tiap tahunnya.

Selain itu juga, Dinsos akan memprogramkan pemeriksaan kesehatan dengan menggandeng semua posyandu di Kota Jayapura.

“Misalnya, orang tua kita ini akan diperiksa matanya, telinganya dan penyakit lainnya yang sering diderita oleh lansia pada umumnya.,” tuturnya.

Pada kegiatan kali ini juga, Dinsos akan melakukan pemeriksaan kesehatan dan senam sehat di tempat, dan juga pihaknya akan menyerahkan alat bantu dengar dan kacamata membaca untuk para lansia ini.

BTM Komitmen Akan Mendata dan Melayani Orang Tua Secara Baik

Wali Kota Jayapura, Drs. Benhur Tomi Mano mengawali sambutannya dengan mengucapkan ayat Firman Tuhan ‘sampai masa tua mu aku akan mengendong kamu Kata Tuhan.

“Kami sebagai anak-anak di Pemkot akan terus melakukan pelayanan yang terbaik untuk lansia kita, untuk itu saya minta kepada Kepala-kepala Distrik, Kelurahan hingga RT/RW untuk mendata orang tua-orang tua kita yang sudah lansia ini, mereka ini harus kita layani dengan baik, maka umur mereka akan bertambah,” ujar Benhur.

Baca Juga :  TNI Gelar Operasi Simpatik Cegah Peredaran Narkoba di Batas RI - PNG

Benhur menyampaikan disetiap posyandu terdapat satu program yang disebut dengan pelayanan lansia. Sehingga dirinya berharap para orang tua lansia ini harus dilayani dengan baik, sehingga mereka bisa hidup bahagia, sehat dan damai dalam masa tua mereka.

Mengakhiri sambutannya, tak lupa Benhur menghanturkan ucapan terima kasih kepada orang-orang tua yang telah mendoakan dirinya bersama dengan Wakil Walikota Jayapura sehingga mereka berdua bisa memimpin Kota Jayapura ini.

“Kami akan melayani orang tua lansia di kota ini sehingga mereka sehat, umur panjang, dan bisa hidup damai dan sukacita. Semoga pelayanan kami dapat berkenan bagi semua orang tua, terutama kepada Tuhan. Doa kami agar para orang tua diberi umur panjang dan senantiasa diberkati Tuhan,” ucapnya. (Elsye / Harian Pagi Papua)

Related Articles