Pemprov Papua Akan Bagi 17 Ribu Buku Pelajaran

0
359

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Hans Hamadi, saat menyerahkan secara simbolis gedung perpustakaan kampung beserta perabotan dan buku-buku. (Erwin)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah bakal membagikan 17.000 buku pelajaran untuk dibagikan kepada 17 kabupaten di bumi cenderawasih.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua Hans Hamadi mengatakan hal itu di Jayapura, Kamis (15/6/2017) kemarin.
Dia berharap, pembagian 17 ribu buku itu, dapat membantu lembaga pendidikan mulai dari tingkat SD dan SMP, terutama di kampung nelayan untuk wilayah pesisir. Sementara di wilayah pegunungan, akan dipilih kampung-kampung yang memiliki koperasi simpan pinjam.

“Sebab dengan pembekalan tersebut, kita harap para siswa dan siswi bisa memanfaatkan buku pelajaran itu untuk selanjutnya bisa mengembangkan keterampilan mereka untuk kehidupan di masa mendatang,” harap dia.

Sebelumnya, lanjut Hans, pihaknya mewakili Gubernur Papua telah menghibahkan gedung perpustakaan kampung beserta perabotan dan buku-buku,kepada masyarakat Kampung Yakonde, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura pada 11 Mei 2017 lalu.

Ia mengharapkan gedung perpustakaan tersebut dapat dipergunakan oleh masyarakat Kampung Yakonde untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan dalam berbagai bidang.

“Tentunya kita harap perpustakaan ini bisa membawa manfaat yang besar bagi masyarakat setempat. Dan yang terutama bisa menggalakkan gemar membaca guna mencerdaskan kehidupan bangsa diatas tanah ini,” kata dia.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Hans Hamadi, saat menyerahkan secara simbolis gedung perpustakaan kampung beserta perabotan dan buku-buku. (Erwin)

Pemerintah Provinsi Papua memang tengah gencar-gencarnya menggalakkan gemar membaca kepada masyarakat di bumi cenderawasih. Sebelumnya, melalui Perpustakaan Nasional (Perpusnas), telah diserahkan bantuan satu unit mobil kendaraan perpustakaan keliling kepada Pemerintah Kabupaten Tolikara.

Mobil perpustakaan keliling itu diharapkan mampu meningkatkan minat baca di lima wilayah adat Provinsi Papua, salah satunya di Tolikara. (Erwin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here