Legislator Berharap Papua Dapat Tambahan Kursi DPR RI

Anggota DPR Papua, Wilhelmus Pigai. (Rambat)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA ) – Legislator Papua, Wilhelmus Pigai berharap Papua mendapat jatah kursi lebih banyak dari penambahan 15 kursi DPR RI dalam RUU Pemilu.

Saat ini, RUU Pemilu memasuki tahap finalisasi terhadap poin-poin krusial sehingga membuat Pansus RUU Pemilu DPR RI melakukan lobi-lobi politik dalam internal fraksi mereka.

“Kami harap ada penambahan kursi untuk Papua ini terpenuhi. Semoga dari 15 penambahan kursi baru seluruh Indonesia, Papua dapat porsi besar,” kata Wilhelmus Pigai, kemarin.

Penambahan kursi DPR RI untuk Papua itu, lanjut Wilhelmus Pigai, karena melihat kondisi Papua yang tidak sama dengan daerah lain dari sisi tingkat kesulitan dan luasan wilayah.

“Hal itu yang membuat kami minta penambahan kursi di DPR RI. Tidak boleh berkurang karena dengan jumlah yang ada kini, kami tidak memiliki kekuatan signifikan atau posisi tawar untuk bicara masalah Papua di DPR RI,” tandasnya.
Apalagi, kata politisi Partai Hanura ini, ada banyak masalah di Papua yang tidak terakomodir di DPR RI dan pemerintah pusat karena minimnya jumlah legislator perwakilan Papua.

Ditambahkan, miminnya bargaining politik Papua di Jakarta menyebabkan kepentingan Papua selalu dikorbankan, sehingga ia berharap dengan penambahan jumlah anggota DPR RI dari Papua itu, bisa mengakomodir kepentingan Papua.
“Jangan lagi lihat jumlah penduduk, tapi luas wilayah. Selain itu, butuh jumlah kursi yang banyak untuk membagi dua daerah pemilihan di Papua yakni dapil Papua I dan Papua II,” imbuhnya.

Saat ini, Pansus RUU Penyelenggaraan Pemilu dan pemerintah telah menyepakati penambahan sebanyak 15 anggota DPR RI. Salah satu tujuannya, menutupi kekurangan representasi masyarakat di beberapa provinsi. (Rambat / Koran Harian Pagi Papua)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...