Pemkot Jayapura Melarang Sekolah Pungli Saat Penerimaan Murid Baru

Category: Lintas Papua, Pendidikan 2 0

Ilustrasi Parasa Siswa Sekolah Dasar (ISTIMEWA)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. Rustan Saru. MM meminta, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudaayan Kota Jayapura (DISPENBUD) diminta agar menindak oknum sekolah dan tenaga pengajar yang kedapatan masih melakukan pungutan liar ( Pungli ) dalam proses penerimaan siswa baru.

“Termasuk menindak tegas dalam penerimaan raport dan ijazah, ditingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Mengah Atas (SMA),’ ujar Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. Rustan Saru. MM, diruang kerjanya usai melakukan inspeksi kesejumlah ruangan kerja OPD, Selasa (13/6/2017).

Dikatakan, bahwa Wali Kota Jayapura Dr. Benhur Tomi Mano. MM saat menjabat sebagai Wali Kota Jayapura pada periode pertama juga sudah jelas yaitu memerangi segala bentuk Pungutan Liar yang dilakukan oleh Pihak Sekolah melalui tenaga pengajar.

“Maka kami minta kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura agar membuat surat edaran, kepada sekolah-sekolah, SD, SMP, SMA yang isinya melarang, meminta pungutan apapun kecuali untuk baju seragam sekolah, suratnya sudah dimeja Sekda itu, untuk ditanda tangani Wali Kota,” tegas Wakil Wali Kota Jayapura

Baca Juga :  KPU Papua Pastikan Dukungan Cagub Harus Capai 15 Persen

Selain itu, Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru. MM, meminta kerja sama orang tua maupun wali murid agar sebisanya melaporkan kepada Pemerintah Kota Jayapura apabila mengalami hal tersebut secara langsung, ataupun mendapati terjadinya Pungutan Liar (PUNGLI) dilingkungan sekolah.

“Kalau ada orang tua bisa lapor ke kami, akan kami proses, kalau ada silahkan foto dan bawa buktinya biar diproses, karena hal itu sangat merugikan sekali, bagi masyarakat kita,” tambah Ir. Rustan Saru.MM.

Pemerintah Kota Jayapura sendiri telah menginstruksikan kepada seluruh sekolah untuk menggratiskan semua biaya yang terkait dengan proses belajar-mengajar, hal ini merupakan kebijakan Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano. MM, sebagai Wali Kota Jayapura dalam bidang pendidikan bagi Masyarakat Kota Jayapura. (Eveerth Joumilena)

Related Articles