Dukcapil Jayawijaya Sejak 2014 Tidak Keluarkan KTP Bentuk Kertas

Category: Lintas Papua, POLHUKAM 20 0

WAMENA (LINTAS PAPUA) – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jayawijaya, Didrex R. Aronggear M.Si menegaskan, sejak Tahun 2014 silam, Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Jayawijaya sudah tidak lagi membuat atau menerbitkan KTP dalam bentuk kertas, melainkan sudah dalam bentuk KTP Elektronik.

Penegasan tersebut disampaikannya, Selasa (13/6/2017) di ruang kerjanya, sekaligus menepis tegas adanya informasi terkait pemalsuan KTP yang melibatkan Dukcapil Kabupaten Jayawijaya.
“Kami mengutuk keras tentang pemalsuan KTP ini dan ini sebenarnya adalah pelanggaran berat, karena memalsukan Dokumen negara,” tegas Didrex.

Dijelaskan, adanya pemalsuan KTP oleh Oknum yang tidak bertanggungjawab, haruslah menjadi tugas aparat untuk segera mengusut tuntas hal ini, sehingga kejadian yang sama tidak terulang lagi dan dilakukan oleh pihak lain.

Dikatakan, pemalsuan KTP itu sangat terbukti, karena keabsahannya telah ditandatangi oleh pejabat yang lama, padahal pemberlakukannya untuk tahun 2010.

“Pemalsuan tersebut dengan mudah di diteksi karena dirinya melihat penerbitan kartu tersebut masih di tanda tangani oleh pejabat Kadispendukcapil yang lama tetapi saat ini yang menempati Kadispendukcapil adalah dirinya sejak tahun 2011 lalu,” kata Didrex.

Baca Juga :  Notaris dan IPPAT Papua Sumbang 22 Kantong Darah ke PMI

“Jadi ini sepertinya mereka scan tetapi inilah yang terjadi dan mereka palsukan tanda tangan saya dan disitu tahun 2010 padahal kan saya disitu belum menjadi Kadispendukcapil,” katanya lagi.

Terkait adanya keterlibatan orang dalam di Dukcapil, dirinya akan menyelidiki keterlibatan orang dalam dalam hal pemalsuan KTP tersebut, namun pada intinya dirinya mengharapkan adanya proses dantindakan tegas terhadap para pelaku yang telah memalsukan KTP tersebut. (Ema)

Related Articles