Ditetapkan 19 Juli, KPU Papua Akan Bahas Jadwal Ulang PSU 17 Distrik

Category: Lintas Papua 23 0

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Sekertaris KPU Provinsi Papua, Isak Hindom mengatakan, agenda yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah jadwal tahapan PSU, anggaran yang akan digunakan, serta rencana penjaringan ulang anggota PPD dan PPS di 17 distrik di Kabupaten Jayapura yang bermasalah.

Hal ini disampaikan, guna mensukseskan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 17 Distrik di Kabupaten Jayapura, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura melaksanakan pertemuan tertutup dengan KPU Provinsi Papua untuk membahas sejumlah persiapan pemungutan suara ulang di 17 Distrik di Kabupaten Jayapura.

Untuk jadwal PSU, Isak menyampaikan pihaknya akan melakukan jadwal ulang tahapan PSU karena saat ini Ketua KPU berserta komisioner sementara disibukan dengan agenda PSU di beberapa Kabupaten lainnya, sehingga jadwal akan diubah.

“Untuk jadwal yang ditetapkan semula oleh KPU Kabupaten Jayapura tentu mengalami perubahan. Waktu tetapnya akan ditentukan oleh KPU Provinsi Papua nanti, karena saat ini Ketua dan empat Komisioner tidak berada ditempat. Mereka sementara mempersiapakan PSU di beberapa tempat yakni, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Intan Jaya, dan Kabupaten Kepulauan Yapen yang jadwalnya sudah ditetapkan, lalu Kabupaten Jayapura akan menyesuaikan. Karena didalam pelaksanaan PSU itu seluruh anggota KPU Provinsi wajib hadir di tempat pelaksanaan PSU dalam rangka pengambilan keputusan,” ungkap Sekertaris KPU Provinsi Papua, Isak Hindom kepada wartawan di Sentani, Selasa (13/6201) sore.

Baca Juga :  Ketika Langit Memancarkan Cahaya Biru Saat Deklarasi Lukas Enembe

Untuk itu kata Isak, sambil menunggu tahapan PSU di beberapa kabupaten berlangsung, maka pihaknya akan melakukan tahapan PSU yakni dengan membuka pendaftaran ulang anggota PPD dan PPS di tujuh belas distrik, karena masa aktif petugas PPD dan PPS sudah berakhir.

Selain itu, akan dilakukan pendataan ulang jumlah TPS di 17 Distrik, sehingga jumlah TPS tidak lagi menjadi persoalan saat PSU dilakukan.

“Untuk langkah persiapan secara teknis, kita akan membuka untuk pendaftaran kembali anggota PPD dan PPS, karena masa aktif petugas PPD dan PPS sudah berakhir. Dan juga KPU Provinsi Papua akan menetapkan jumlah pasti TPS yang akan melaksanakan PSU di 17 Distrik di Kabupaten Jayapura ini,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Isak menegaskan bahwa jadwal PSU yang telah dikeluarkan oleh KPU Kabupaten Jayapura sebelumnya yakni tanggal 19 Juli 2017 dipastikan tidak berlaku, karena KPU Provinsi Papua akan melakukan penjadwalan ulang. (***)

Related Articles