Stadion Papua Bangkit Akan Tampung 40 Ribu Penonton

0
124
Sebelummya, Gubernur Papua didampingi Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Yusuf Yambe Yabdi , di lokasi dimulainya pembangunan stadion utama di Kampung Harapan, sebelumnya.. (ISTIMEWA)

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Yusuf Yambe Yabdi. (Erwini)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua memastikan pembangunan Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan Kabupaten Jayapura, bakal mampu menampung 40 ribu penonton.

Stadion yang diproyeksikan rampung pada Desember 2018 mendatang tersebut, akan menjadi tempat pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020.
“Sehingga dengan penegasan ini maka PON di Papua sudah pasti jadi akan digelar dan dilaksanakan,” terang Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua Yusuf Yambe Yabdi di Jayapura, kemarin malam.

Menurut Yusuf, untuk menunjang pelaksanaan PON di Papua, instansinya baru-baru ini telah mendapat “suntikan” dana tambahan dari gubernur untuk tahun anggaran 2018. Dana ini bakal dipergunakan untuk menambah sekitar tujuh venue.

“Total anggaran yang ditambah oeh bapak Gubernur sekitar Rp900 milliar. Dengan harapan, bertambahnya 7 venue ini, Provinsi Papua bakal lebih siap dalam menggelar pesta olahraga nasional empat tahunan tersebut,” tuturnya.

Masih dikatakan dia, Pemprov Papua akan lebih banyak menggunakan venue existing, seperti pertandingan judo yang rencananya dihelat di Aula SGO di Kloofkamp – Jayapura Utara.

Dirinya menuturkan untuk venue ini tim dari KONI Pusat sudah datang melihat. Mereka sudah memberi penilaian yang positif sehingga nanti venue-nya tinggal di rehab saja tak perlu dibongkar semua.

Gubernur Papua didampingi Sekretaris KONI Papua, Yusuf Yambe Yabdi di lokasi dimulainya pembangunan stadion utama di Kampung Harapan. (ISTIMEWA)

“Sementara untuk pertandingan gulat, rencananya akan digelar di Aula Bapelkes, Padang Bulan Abepura. Lalu tenis meja dan anggar di Gedung Trikora Universitas Cenderawasih. Intinya kita pakai semua gedung yang ada,” bebernya.

Sementara disinggung soal venue yang sudah dibangun di Mimika, Yusuf mengatakan, beberapa cabang olahraga sudah ditetapkan untuk dipertandingkan di wilayah tersebut.

“Seperti golf, atletik, basket dan futsal. Namun ada permintaan khusus dari Bupati Mimika Eltinus Omaleng agar turut dipertandingkan sepakbola,” katanya.

“Sehingga kemungkinan kita akan pertandingankan babak penyisihan pertama di Serui, kedua di Merauke dan ketiga di Mimika. Sedangkan keempat di Wamena. Untuk semifinal baru dipindahkan di Jayapura, di Stadion Barnabas Youwe dan Stadion Mandala,”pungkasnya. (Erwin /Harian Pagi Papua)