Pemkot Jayapura Buka Loket Tambahan Pembayaran Pajak

Category: Lintas Papua, POLHUKAM 9 0

Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Jayapura (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Guna memberikan pelayanan kepada Wajib Pajak Bumi Bangunan (PBB), Pemerintah Kota Jayapura melalui Badan Pendapatan Daerah membuka loket tambahan Pembayaran Pajak Bagi Wajib Pajak.

Loket pembayaran wajib pajak dipusatkan di main hall dan Gedung Otonom Kantor Wali Kota Jayapura, serta Kantor Gubernur Provinsi Papua.

“Layanan ini dilakukan merupakan strategi kami setiap tahun, dalam pemungutan pajak bumi dan bangunan khususnya bagi wajib pajak para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura dan Gubernur Provinsi Papua,” ujar Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Jayapura, Fachruddin Pasolo, di loket layanan Kantor Wali Kota Jayapura, Senin (12/6/2017).

Menurutnya, hal ini dilakukan akibat waktu yang dimiliki terbatas untuk melakukan pembayaran, sehingga layanan loket pembayaran PPB dibuka.

Ditambahkan, layanan loket ini dilakukan khusus untuk wajib pajak bagi pejabat, yang bertujuan untuk memberikan contoh kepada masyarakat adanya ketaatan kepada aturan untuk membayar pajak. Jika wajib pajak melewati masa waktu pembayaran pajak pada 30 Juni 2017, maka wajib pajak akan dikenakan denda sebesar 2% dari nilai pajak yang dibayarkan.

Baca Juga :  Warna - Warni Aksi Damai Gerakan Papua Save Ahok

“Pekan panutan ini menunjukan kepada masyarakat, bahwa pejabat memiliki ketaatan dan azas kepatuhan sehingga masyarakat bisa mencontoi karena pajak merupakan kewajiban untuk membayar pajak,” tambahnya.

Fachruddin, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Papua yang memberikan tempat kepada petugasnya untuk membuka layanan loket pembayaran wajib pajak di Kantor Gubernur Papua, untuk melakukan layanan pembayaran wajib pajak 4 hari kedepan.

Selain membuka loket panutan pajak di 3 titik, layanan pajak juga dilakukan dengan mobil keliling yang akan dilakukan di 5 distrik di Kota Jayapura secara bergiliran.
Kaban Penda Kota Jayapura, mengharapkan kepada wajib pajak agar dapat menyelesaikan kewajibannya, karena dengan pajak masyarakat ikut membangun diseluruh aspek pembangunan di Kota Jayapura.

“Pajak ini untuk pembangunan, dengan pajak kita bisa mengetaskan kemiskinan, dengan pajak kita bisa mencerdaskan kehidupan bangsa, karena dari pajak itu akan disalurkan untuk pembangunan infrastruktur pendidik kesehatan jalan dan lainya, untuk itu masyarakat diharapkan membayar pajak sesuai waktu jatuh tempo yang sudah ditentukan, karena dengan membayar pajak, masyarakat sudah berpartisipasi ikut membangun Kota Jayapura, “ harapnya. (***)

Baca Juga :  Proses Evakuasi Jatuhnya Pesawat AMA Lalui Dua Jalur

Related Articles