BTM Tegur Keras Kadistrik dan Kalurah, Diminta Giatkan Kebersihan Lingkungan

Category: Lintas Papua, POLHUKAM 5 0

Sejumlah Kepala Distrik dan Kepala Kelurahan saat mendengar arahan Wali Kota BTM. (Eveerth Joumilena /LinitasPapua.com)
Kota Jayapura Akan Terima Adipura Yang Keenam

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –
Masalah Kebersihan tentunya menjadi masalah bersama masyarakat dan pemerintah, namun demikian Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., terus menaruh perhatian utama sebagai kebijakan penting, sehingga teguran keras tidak segan – segan diberikan kepada bawahannya Kadistrik dan Kalurah untuk terus giat menjaga kebersihan lingkungan.

Hal ini disampaikan saat tatap muka bersama Kepala Distrik dan Kepala Kelurahan di Kantor Wali Kota Jayapura, yang diturut didampingi Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM dan Sekretaris Daerah Kota Jayapura, R. D. Siahaya, SH, MM. Bersama sejumlah pejabat eselon II, di kantor Wali Kota, Senin (12/9/2017).

“Saya sudah jalan kontrol semua lingkungan hingga sudut – sudut Kota Jayapura, apa yang kalian kerjakan, sebab Pemerintah Kota Jayapura hanya bekerja di Jalan Protokol, sedangkan RT/RW adalah kepala kelurahan yang kontrol, sehingga harus buat hari – hari tertentu untuk kerja bakti dan menjaga kebersihan lingkungan,” ujar DR. Benhur Tomi Mano, MM., saat membuka pembicaraan, Senin (12/6/2017).

Baca Juga :  PAP Sikapi Masalah Sosial Politik Papua dan Siap Musdalub

Dirinya menegaskan, bahwa kepala distrik dan kepala kelurahan adalah perpanjangan tangan dari Wali Kota, sehingga harus bisa melaksanakan kebersihan lingkungan baik.

“Dulu camat itu tahu jarum jatuh dan daun jatuh, jadi sekarang harus turun ke lapangan, jangan hanya duduk di belakang meja,” kata Pa Wali, sapaan akrab para ASN Kota Jayapura.

Berbagai permasalhan yang terjadi dilingkungan sekitar tempat kerja dari Kalurah dan Kadistrik, kata Benhur Tomi Mano, hendaknya bisa dilihat kebersihan lingkungan dan membuat program yang melibatkan masyarakat ikut menjaga lingkungan.

“Jangan harap DKP saja, jadi kalau ada pohon tumbang atau bencana alam, segera sikapi langsung dengan dinas terkait juga, bahkan kalau boleh menegur toko – toko yang tidak memathui aturan untuk menjaga kebersihan,” pesannya.

Sejumlah Kepala Distrik dan Kepala Kelurahan saat mendengar arahan Wali Kota BTM (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

Ditegaskan bahwa Kebersihan sudah menjadi primadona dan buah bibir di Tanah Papua, bahkan Indonesia, sehingga mari kita jaga dengan baik.

“Kota Jayapura sudah lima kali terima Adipura dan akan menerima lagi, sehingga setelah Lebaran akan kita canangkan Jumat Olahraga, Sabtu Bersih dan Minggu Ibadah,” demikian dirinya menjelaskannya.

Baca Juga :  Yanni Maju Jayapura Untuk Menang dan Membangun

Dibagian akhir dirinya menegaskan, bahwa jangan sia – siakan garuda yag digantung untuk mengadi kepada masyarakat dan turun langsung ke masyarakat mendengar keluhan dan melayani masyarakkat, terutama juga proses kebersihan harus dilakukan bersama – sama.

“Jangan nanti Wali Kota saja terima pengaduan lagi, jadi saya akan pantau tiga bulan dan enam bulan kedepan, sebab kalau tidak ada perubahan, maka pasti akan ada sesuatu terjadi,” tandasnya.

Selain masalah kebersihan lingkungan, juga masalah pelayanan publik dan etos kualitas kerja aparatur sipil negara menjadi perhatian serius untuk terus ditingkatkan dalam lima tahun kerja mendatang, tentunya Kata DR. Benhur Tomi Mano, bahwa kita bekerja dan melayani dengan Hati membangun Kota Jayapura untuk kemuliaan Tuhan. (Eveerth Joumilena)

Related Articles