BTM Benarkan Pieter Huistra Akan Melatih Persipura

Ketua Umum Persipura, DR. Benhur Tomi Mano, MM. saat diwawancara. (Geis)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Jawaban siapa selanjutnya pelatih Persipura setelah kursi kepelatihan di lepas oleh Liestiadi Lo usai gagal membawa kemenangan pasca di kalahkan PSM Makasar 5-1 dan Madura United 2-0.

Muncul satu nama pelatih asing asal negeri kincir angin Belanda Ia adalah mantan pemain timnas Belanda yang juga sebelumnya mantan Direktur teknik PSSI Pieter Huistra.

Pieter Huistra yang punya rekam jejak pernah menangani akademi sepakbola usai dini Pieter Huistra adalah mantan pemain timnas Belanda kala masih aktif bermain. Puncak kariernya ketka lima kali membawa Glasgow Rangers menjadi juara Skotlandia pada kurun waktu 1990-1995.

Pasca pensiun, Ia banyak berkecimpung dalam dunia kepelatihan, khususnya di sektor usia muda. Sejak 2001 sampai 2005 menjadi direktur pembinaan usia dini di Groningen. Pada tahun 2009, Huistra hijrah ke Akademi Ajax. Berawal sebagai asisten pelatih Marco Van Basten, selanjutnya ia di percaya menjadi pelatih Jong Ajax.

Tidak hanya sektor usia muda, pria yang pernah memperkuat klub Sanfreece Hiroshima Jepang ini juga pernah menjadi pelatih kepala tim FC Groningen dan De Graafchap Villa 2000. Hingga menjadi Direktur teknik di PSSI pada tahun 2015 sebelum sepekbola Indonesia di bekukan FIFA.

Ketua Umum Persipura Jayapura Benhur Tomi Mano kepada wartawan di Jayapura Minggu malam (11/06), mengatakan, informasi yang diterima dari manajer bahwa yang bersangkutan mau datang ke Indonesia, hanya mau melatih Persipura.

“Laporan yang di terima dari Manajer juga bahwa hari ini baru bisa memberikan jawaban pasti, apakah mau melatih Persipura, tersebut tapi kami belum menerima siapa nama, yang bersangkutan, dengan rekam jejak dari pelatih tersebut,” tutur BTM usai buka puasa bersama insan Pers Minggu sore (11/06/2017).

Disinggung soal berapa lama pelatih akan di kontrak dan kabar yang berhembus juga sebagai mantan direktur teknik PSSI tahun 2015 lalu, BTM katakan, akan mengontraknya selama satu musim hingga kompetisi liga I selesai.

“Ya ia merupakan mantan direktur teknik di PSSI, dan juga sudah pernah datang ke Jayapura Papua. Secara pasti saya belum tau siapa namanya dan jejak rekamnya. Tapi yang jelas iapernah menjadi direktur teknik di PSSI beberapa tahun lalu,” ungkap BTM.
Sebelumnya, berapa hari lalu, kabar hangat yang beredar bahwa Persipura akan di latih oleh pelatih asing asal Belanda berinisial PS. Namun hal itu masih belum memiliki titik terangyang mengungkapkan jawabannya.

“Kita telah melakukan negosiasi dengan pelatih tersebut yang datang dari Belanda, dia hanya mau melatih Persipura Jayapura, dengan ini dia belum mengkonfrmasi tap dia bersiap jika semua sudah pasti,” jelas BTM.

BTM berharap masyarakat Papua dapat memberikan dukungan penuh kepada Mettu Dwaramuri dan Allan Havuludin yang sementara menangani Persipura. Masyarakat bisa mendoakan laga kontra Persela Lamongan sehingga Persipura bisa kembai pada jati dirinya.

BTM juga menambahkan, bahwa Manajemen dan tim Persipura turut berbela sungkawa atas berpulangnya asrtis Julia Perez, di mana Jupe panggilan akrabnya pernah punya kedekatan dengan klub Persipura di mana pada lounching tim Persipura 2010 lalu, Persipura menjadi juara pada ISL 2010/2011. (Geis /Harian Pagi Papua)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...