Pemkot Jayapura Siap Mendata Semua Orang Asli Papua

Suasana Pertemuan Pemerintah Kota Jayapura. (Eveerth /LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., mengatakan akan melakukan pendataan untuk penduduk Orang Asli Papua berdasarkan marga dan suku.

“Kita sudah siapkan dana Rp 500 juta untuk melakukan pendataan berdasarkan marga dan suku pada tahun 2018 nantinya,” ujar Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., didampingi Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM. Saat tatap muka dengan para Kadistrik dan Kalurah, di kantor Wali Kota, Senin (12/6).

Dijelaskan, bahwa pendataan orang asli Port Numbay telah sukses terlaksana pada 2015, sehingga akan menjadi contoh untuk tahun 2018 memulai untuk orang asli Papua.

“Jadi kalau misalnya orang Biak, ada marga Rumbino, Rumbiak, Rumbekwan, Yarangga, semua akan di data berdasarkan marga ada berapa yang tinggal di Kota Jayapura, demikian juga orang Papua dari suku atau daerah mana saja akan didata,” tuturnya.

Untuk mendukung program ini, kata Mantan Camat Abepura ini menjawab, bahwa inilah tugas kepala Distrik mendata masyaraat diwilayahnya, sebagaimana misalnya dari Suku Biak marganya apa dan berapa warga yang hidup.

Suasana Pertemuan Pemerintah Kota Jayapura (Eveerth /LintasPapua.com)

“Demikian tugas kepala kelurahan juga untuk mendata marga berdasarkan suku,” pesannya.
Tomi Mano menuturkan, selain Kota Jayapura juga akan menyurati Gubernur Papua, agar mendata hal yang sama di Kabupaten – Kabupaten lainnya.

“Semua proses data dari Kelurahan hingga Distrik akan dibuat dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK),”jelasnya.

“Karena data penduduk sangat penting, sebab sampai Sekarag kita masih pakai data BPS, sehingga DAU tidal naik – naik, padahal jumlah penduduk mencapai 500, kemarain saya laporakan 4 ratus, jadi ini adalah hal yang penting yakni Pendataan orang asli paua berdasarkan marga dan suku,” tandasnya.

Dalam beberapa penjelasan dalam pertemuan tersebut disebut beberapa marga – marga yang ada dari berbagai suku – suku di Papua, tentunya biar semakin jelas siap dan marga apa yang akan didata dan BTM menyampaikan untuk kepala distrik dan kepala ikut membantu dalam pendataan tersebut. (Eveerth Joumilena)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...