Dermaga Mur Strategis untuk Pembangunan Mappi

Category: Lintas Papua 19 0

Anggota Komisi IV DPR Papua, Yan P Mandenas, SSos, MSi berbincang dengan Bupati Mappi, Cristosimus Y Agamewu di Dermaga Mur, kemarin. (Rambat)
MAPPI (LINTAS PAPUA) – Anggota Komisi IV DPR Papua, Yan P Mandenas, SSos, MSi mengatakan bahwa pembangunan dermaha Mur, yang ada di Distrik Nambioman Bapai, Kabupaten Mappi, menjadi daerah sangat strategis  untuk distribusi barang dan jasa serta kebutuhan pemerintah daerah dalam membangun Mappi.

Hal itu dikatakan Yan Mandenas usai meninjau dermaga Mur bersama Bupati Mappi Cristosimus Y Agamewu dan Wakil Bupati Mappi, Ibnu Jaya Suud, akhir pekan kemarin.

Menurutnya, rencana pembangunan dermaga Mur itu, akan menghidupkan menghidupkan sektor pembangunan dan pengembangan kota di Kabupaten Mappi dalam rangka bongkar muat.

Jadi, saya pikir sementara ini status dermaga ini sebagai pelabuhan rakyat, direncanakan tahun depan mungkin kita akan mencoba mendorong sharing dana antara APBN, APBD Provinsi dan APBD kabupaten, kata Yan Mandenas. 

Menurutnya, dalam pembangunan dermaga ini, kabupaten sebatas membangun pelabuhan rakyat, tapi APBN membangun pelabuhan yang lebih besar untuk bongkar muat kapal, termasuk pelabuhan perikanan.

Apalagi, APBN tahun 2017 ini sudah masuk untuk pengerjaan awal pembangunan dermaga ini, sehingga pihaknya berharap bisa ada pembagian tugas dengan APBN, misalnya dari sisi laut dikerjakan APBN dan sisi darat dikerjakan oleh provinsi.
Ya, ini harus digarap bersama untuk membantu arus transportasi bongkar muat untuk mobilisasi barang dan jasa untuk menghidupkan sektor pembangunan dan perekonomian di Kabupaten Mappi, jelasnya. 

Baca Juga :  Walikota Jayapura dan 4 Bupati di Papua Siap Dilantik 22 Mei

Apalagi,  imbuh Yan Mandenas, dermaga Mur ini merupakan distrik yang ada di pertengahan yang bisa menghubungkan ke arah Bade dan Kepi lebih dekat, sehingga sangat strategis.

Harapan saya, Pemprov Papua bersama dengan Pemkab Mappi bisa sharing untuk menyelesaikan pembangunan dermaga bongkar muat dan termasuk pengembangan dermaga perikanan, imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Mappi Cristosimus Y Agamewu mengharapkan pelabuhan penyangga kedua untuk Kabupaten Mappi yang akan difokuskan untuk semi kontainer yang bisa membantu dalam pembangunan.

  Pelabuhan Sumurahman tetap menjadi pelabuhan utama karena aksesnya langsung ke laut dan bisa dijdikan pelabuhan nusantara, karena itu akan menjadi pelabuhan full kontainer, imbuhnya. (Rambat / Harian Pagi Papua)

Related Articles