Komandan Lanal Biak Terima Kunjungan Study Tour Mahasiswa Fisip Uncen

Category: Lintas Papua, Pendidikan 23 0

BIAK (LINTAS PAPUA) – Komandan Lanal Biak Kolonel Marinir Daniel Kreuta, menerima kunjungan kegiatan Study Tour Mahasiswa Hubungan Internasional Study Keamanan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Cenderawasih Jayapura, di Ruang Rapat Mako Lanal Biak Jl. Jendral Sudirman Kab. Biak Numfor, Jumat (09/06/2017).

Komandan Lanal bersama Perwira Staf Lanal Biak menerima kunjungan tersebut dengan jumlah mahasiswa sebanyak 44 orang dan seorang dosen pendamping, yakni Laus D.C Rumayom, S.Sos, M.Si.

“Kami ucapkan selamat datang di Mako Lanal Biak, Kami sangat senang mendapat kunjungan dari Universitas Cenderawasih khususnya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) suatu kehormatan bagi kami mendapat kunjungan ini,” ujar Komandan Lanal Biak Kolonel Marinir Daniel Kreuta, dalam sambutannya, Jumat (9/6/2017).

Adapun dalam kesempatan tersebut, yang tampil sebagai pemateri disampaikan Komandan Lanal Biak yaitu sistem pertahanan dan keamanan laut nasional / maritim khususnya di wilayah Indonesia Timur.

Sementara itu, Dosen Pengampuh Mata Kuliah Strategi Pertahanan Indonesia Program Studi Hubungan Internasional Uncen Bapak Laus D.C Rumayomi, S.Sos, M.Si mengucapkan, trimakasih dengan penyambutan sangat luar biasa.

Baca Juga :  Satgas Pamtas RI - PNG Layani Warga Boven Digoel Pengobatan Massal Gratis

“Program studi Fisib baru dibuka di Uncen pada thn 2008 atas kerjasama dan dukungan Universitas Indonesia program ini fokus terhadap masalah internasional, dan kami juga fokus pd ekonomi dan politik di Freeport,” jelas Dosen asal Biak ini.

Diakui, pihaknya bersama mahasiswa datang dengan fokus masalah keamanan laut.

“Kami punya sejumlah mata kuliah yang salah satunya bidang keaamanan. Maka dari itu kami melaksanakan tour ke sejumlah militer untuk mengtahui sejauh mana ancaman keaamanan dari Darat, Laut, dan udara,” paparnya.

“Dari tour kami dari awal sampai dengan terakhir yaitu ke Lanal Biak yang mana kami ingin mengetahui bagaimana pertahanan Laut dan cara menanggulanginya,” katanya.

“Terkait dengan isu-isu terorisme di wilayah maritim kita ingin mengetahui bagaimana cara menanggulanginya dengan berkonstribusi dengan TNI AL selaku penegak hukum di laut” harapnya. Kegiatan diakhiri dengan rekreasi bersama di Pantai Water Basis. (Eveerth Joumilena)

Related Articles