Kolonel Marinir Daniel Kreuta Pertegas TNI AL Jaga Laut NKRI

Category: Lintas Papua, Nasional & Dunia 53 0
Kolonel Marinir Daniel Kreuta, didampingi Dosen Uncen, Laus D.C Rumayom, saat berdiskusi dengan mahasiswa. (Dispen Lanal Biak)

BIAK (LINTAS PAPUA) – Komandan Lanal Biak, Kolonel Marinir Daniel Kreuta mengatakan TNI AL banyak menggelar operasi yang dilakukan oleh gugus tempur laut dan gugus keamanan laut dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Terutama adanya indikasi pelanggaran dilaut dari unsur Kapal Republik Indonesia (KRI) langsung melaksanakan HENRIKHAN (penghentian, pemeriksaan dan penahanan),” ujar Kolonel Marinir Daniel Kreuta, dalam menjawab pertanyaan , saat diskusi dengan 44 Mahasiswa Fisip Uncen Jayapura, di di Ruang Rapat Mako Lanal Biak Jln. Jendral Sudirman Kabupaten Biak Numfor, Jumat (09/06/2017).

Dalam diskusi tersebut berbagai pertanyaan diberikan mahasiswa, bahkan beberapa kasus yang terjadi di Raja Ampat, namun Kolonel Marinir Daniel Kreuta menjelaskan, semua telah diproses hukum.

“Dalam proses HENRIKHAN (penghentian, pemeriksaan dan penahanan), jika terbukti adanya pelanggaran maka akan di limpahkan kan dari KRI ke Penyidik Lanal berikutnya akan diproses sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang berlaku,” kata Pria asal Kampung Yoka, Kota Jayapura, Papua.

Ketika ditanyakan, bagaimana TNI AL menjaga wilayah laut Indonesia yang luas, namun memiliki armada yang terbatas, Kolonel Marinir Daniel Kruta menjawab, dalam melaksanakan tugas TNI AL bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Bakamla, Bea cukai, serta instansi terkait.

“Tentunya untuk saling mendukung dalam pengawasan serta pengamanan wilayah laut, selain itu penggunaan pesud utk intai maritim, hal ini agar lebih efisien dalam penggunaan unsur KRI,” lanjut.

Komandan Lanal Biak Kolonel Marinir Daniel Kreuta, bersama staf dan mahasiswa Uncen, saat foto bersama (Dinas Penerangan Lanal Biak)

“Dalam melaksanakan giat operasi di laut masalah kendala pasti ada, namun selama ini semua tugas dapat terlaksana dg baik dan tuntas, hal ini berkat profesionalisme prajurit TNI AL dan kerjasama yang baik dengan aparat terkait,” tutur Komandan Lanal Biak menjelaskan.

Adapun dalam kesempatan tersebut, Komandan Lanal Biak memberikan materi Mengenal Sistem keaamanan dan pertahanan Maritim/Laut dan Tugas Pokok Pangkalan Utama TNI AL serta Tugas Pokok Lanal Biak dan Wilayah Kerja. (Eveerth Joumilena)

Baca Juga :  BTM – HARUS Pastikan Kesiapan Membangun RS Bertaraf Internasional

Related Articles