Suasana Wakil Wali Kota Jayapura bersama pimpinan OPD pada acara safari ramadan di masjid Arafah Bhayangkara (Eveerth /LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., mengatakan, untuk semua umat Muslim di Kota Jayapura juga menghindari organisasi Islam Radikal yang tidak mengakui Pancasila sebagai asasnya.

“Mari kita hindari semua kelompok – kelompok radikalisme yang ingin mengacaukan toleransi umat beragama, sebab dalam Raker Wali kota dan Bupati disepakati juga untuk menolak semua gerakan radikalisme di Papua, termasuk menolak Front Pembela Islam dan HTI,” ujar Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM, saat membawa sambutan pada acara Safari Ramadhan untuk buka Puasa bersama di Masjid Arafah Bhayangkara, Kamis (8/6/2017).

Berbagai pesan, dalam kesempatan tersebut disampaiakn Wakil Wali Kota Jayapura, termasuk menegaskan, bahwa Safari Ramadhan t memperkuat tali silaturahim antara Pemerintah Daerah Kota Jayapura dan masyarakat.

Sejumlah pimpinan OPD pada acara safari ramadan di masjid Arafah Bhayangkara. (Eveerth / LintasPapua.com)

“Melalui safari ramadhan juga mempermudah komunikasi secara lebih baik lagi dan sesama warga kota juga menjaga toleransi umat beragama, apalagi beberapa bulan sebelumnya banyak kejadian – kejadian di Kota Jayapura, dari pembunuhan hingga kekerasan penjambretan,” katanya.

Dalam kunjungan tersebut, Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., didampingi Sekretaris Daerah Kota Jayapura, R.D. Siahaya dan beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), yang sekaligus juga diperkenalkan oleh Wakil Wali Kota kepada jamaah yang hadir.

“Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung silaturahim,” kata Rustan Saru saat melakukan safari ramadhan di masjid Arafah Bhayangkara, Jalan Bhayangkara I, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua, Kamis (8/6).

Dikatakan, Safari ramadhan menjadi hal baik bagi masyarakat karena dapat bertemu langsung dengan pemerintah melalui jalinan silaturahmi serta menyampaikan berbagai masalah dan penanganan, yang intinya agar pemerintah daerah setempat bisa memberikan solusi dalam penyelesaiannya, dan sama-sama membangun keamanan, menjaga kebersihan, serta meninggalkan faham radikal.

Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., mengatakan untuk menjamin keamanan Kota Jayapura, maka pos kamling merupakan solusi terbaik dalam menjaga lingkungan agar tetap aman.

Wakil Wali Kota Jayapura saat memberikan bantuan dana Rp. 20 Juta pada acara safari ramadan di masjid Arafah Bhayangkara, didampingi Sekretaris Daerah Kota Jayapura, R.D. Siahaya. (Eveerth /LintasPapua.com)

Dirinya berharap, warga kota diharapkan membangun pos siskamlinng, karena pemeritah tidak bisa menjaga secara keseluruhan wilayah Kota Jayapura,” ucap Rustan, di hadapan ratusan jamaah Masjid Miftahul Amal, Koya Timur.

Pada kesempatan ini Wakil Wali Kota Jayapura memperkenalkan satu persatu pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkungan Pemkot Jayapura pada kesempatan safari ramadhan agar masyarakat menjadi tau jabatan masing-masing OPD. serta, memberikan dana bantuan Rp 20 juta.

Kunjungan Pemerintah Kota Jayapura ini sekaligus berbuka puasa bersama, namun sebelumnya diisi dengan tausiah atau ceramah yang disampaikan oleh ketua pengurus Masjid Arafah Bhayangkara TVRI, Alwi Tianlean, yang intinya memanfaatkan teknologi dengan baik dan saling mengingatkan dalam kebaikan.

Rustan Saru Menambahkan, masyarakat Koya harus menjaga kerukunan umat beragama kita harus hidup toleransi menjaga kerukunan antara agama yang satu dengan yang lain.


Dirinya berharap, agar warga tidak terpancing dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab yang beredar di media sosial maupun pesan singkat melalui handpone yang tidak diketahui kebenarannya.

 

Acara tersebut diakhiri dengan buka Puasa bersama dan terlihat masyarakat sekitar Bhayangkara dari berbagai kehidupan toleransi warga ikut hadir dan berbuka puasa bersama. (Eveerth Joumilena)