Yunus Kalabetme Optimis dan Percayakan Rakyat Intan Jaya Memilih

0
50
Calon Wakil Bupati Intan Jaya, Yunus Kalabetme, saat memberikan keterangan pers. (Eveerth/LintasPapua.com)
Calon Wakil Bupati Intan Jaya, Yunus Kalabetme. (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)   –  Calon Wakil Bupati Intan Jaya, Yunus Kalabetme mengatakan,  dirinya optimis akan memenangkan Pemungutan Suara Ulang dan siap menyerahkan semua proses kepada masyarakat.

 

“Sebagai anak daerah, apapun keputusannya harus kita terima dan selisih suara juga sangat jauh, namun demikian kita juga akan monitor, walaupun kini waktu pelaksanaan belum dketahui,” ujar Calon Wakil Bupati Intan Jayapura, Yunus Kalabetme, di Abepura, Selasa (6/6/2017).

Djelaskan, bahwa pihaknya merasa sudah menang dan ternyata disuruh PSU Ulang, sehingga semua kembali kapada masyarakat, masyarakat yang pnya hyak suara dan masyarakat yag emmilih.

Disampaikan, bahwa dalam proses  tersebut tentunya satu bulan harus bisa diselesaikan.

“Saya siap dan akan mengalah, sehingga kita menjadi bupati atau tidak , Tuhan sudah menetukan, dan bagi kita siapakah diri kkita semoga menjadi   Tuhan itu siapa dan kita akan lihat kembali kemasyarakat itu siapa,” paparnya.

Dikatakan,  apakah kita akan berlaku sistem coblos atau noken, kita belum tahu dan serahkan semua kepada penyelenggara, namun kemungkuan dua hal itu pasti.

Sebelumnya,  Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan p

Calon Wakil Bupati Intan Jaya, Yunus Kalabetme, saat diwawancara. (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

ada kasus Pilkada Kabupaten Intan Jaya untuk  dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di tujuh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berda di dua distrik, Sugapa dan Agisiga. Sidang dipimpin ketua Majelis Hakim, Arief Hidayat dan 8 anggota lainnya.

 

Komisioner KPU Provinsi Papua, Tarwinto menyebutkan, tujuh TPS di dalam distrik Sugapa diantaranya TPS 1, TPS 2, TPS 3 dan TPS 4 berada kampung Emondi sedangkan distrik Agisiga, berada kampung Soali TPS 1, TPS 2 di kampung Unabundoga ada di kampung Tausiga TPS 1.

Ditempat yang berbeda,  Septinus Tipagau, ketua tim sukses Paslon Nomor 2, Yulius Yapugau-Yunus Kalabetme mengharapkan kepada KPU Papua yang diberikan mandat oleh MK agar melaksanakan dengan semaksimal mungkin.

“Kami minta kepada KPU Papua agar saat PSU nanti mereka (KPU Papua) harus turun (ada) di Intan Jaya. Kami tidak mereka ada di luar Intan Jaya. Supaya mereka bisa saksikan dengan mata kepala sendiri dan memakan waktu atas proses demokrasi ini di tanah Migani,”  katanya.

“Masyarakat harus berikan hak pilih dari nurani sendiri. Karena, kami yakni PSU ini adalah cara Tuhan untuk mendamai kami (orang) Intan Jaya dari konflik yang sempat terjadi waktu lalu,” pungasnya.

Sebelumnya,  Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menjatuhkan putusan sela terhadap perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Bupati dan Wakil Bupati Intan Jaya, Selasa (23/5) di Ruang Sidang Pleno MK. Dalam

putusan Nomor 54/PHP.BUP-XV/2017 tersebut, Mahkamah memerintahkan KPU Provinsi

Papua melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di tujuh TPS pada Kabupaten Intan Jaya.

 

 

Mahkamah berpendapat perolehan suara akhir masing-masing pasangan calon pada tujuh TPS masih belum jelas. Tujuh TPS dimaksud, yaitu TPS 1, TPS 2, TPS 3, dan TPS 4 Kampung Emondi, Distrik Sugapa; dan TPS 1 Kampung Soali, TPS 2 Kampung Unabundoga, dan TPS 1 Kampung Tausiga, Distrik Agisiga. Dengan demikian, belum terdapat rekapitulasi hasil secara keseluruhan untuk perolehan suara Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Intan Jaya Tahun 2017. (Eveerth Joumilena)