Syal Cenderawasih for Noken Dibagi Gratis Dengan Pesan Damai

0
879

Maya Situmorang, ST., dengan syal Cenderawasih. (Istimewa)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)
– Syal motif Cenderawasih untuk Noken dibagikan secara gratis kepada masyarakat hingga mahasiswa dan rekan – rekan jurnalis di Abepura, Selasa (6/6/2017).

Tim Syal Cenderawasih Abepura, Maya Iriani Situmorang, ST. Mengatakan, bahwa pihaknya membagi syal Cenderawasih secara gratis, hanya kepada mereka yang menggunakaan noken pada saat beraktivitas.

“Syal Cenderawasih ini adalah karya Bapak Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, yang peduli dengan hal –hal ekonomis kecil untuk mengangkat motif – motif budaya Papua, sekaligus sebagai pesan damai untuk menjaga Tanah Papua,” ujar Maya Iriani Situmorang, kepada Harian Pagi Papua, Selasa (6/6/2017).

Dikatakan, pembagian syal Cenderawasih untuk Noken juga bagian dari melestarikan nilai – nilai Noken yang kini sebagai warisan budaya dunia, sehingga ini bagian dari kepedulian yang digagas Wakil Gubernur, Klemen Tinal untuk masyarakat Papua.

“Jangan mengaku orang Papua, kalau belum pakai Noken, demikian kesan yang selalu disaampaikan Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, hal ini sebagai sebuah motivasi kaami untuk bergerak membangun kesadaraan masyarakat akan pentingnya Syal Cenderawasih for Noken,” ungkapnya.

Dari pantuan di Kampus Teknik Universitas Cenderawasih, Tim Syal Cenderawasih Untuk Noken Papua, dibagi syal tersebut secara gratis kepada mahasiswa sekitar belasan orang yang juga sedang memakai tas noken.

“Kami hanya berkan syal Cenderawasihkepada mahasiswa yang memakai tas Noken Papua,” katanya.
Dirinya berharap, Masyarakat Papua bersama – sama sadar memakai Noken sebagai warisan budaya dunia. “Ini budaya Papua, mari kita jaga bersama, sebab menjaga budaya Papua bukan hanya lewat Noken, tetapi juga bisa lewat syal dan motif – motif yang ditampilkan,” harapnya.

Adapun syal Cenderawasih dibuat dalam dua warna hitam dan putih, dengan lukisan – lukisan Burung Cenderawasih degan motif Papua.

Salah Seorang Jurnalis Media Lokal, Mega Batkorumbawa, mengakui, senang dengan pemberian ini dan berharap ini juga menjadi bagian dari upaya pelestarian nilai –nilai budaya Papua. “Semoga menjadi trand positif dan spirit untuk kita menjaga budaya Papua,” tuturnya. (Eveerth)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here