Terobosan Baru Pemkot Jayapura “Tekan Handphone Akta Jadi”

Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Jayapura (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)    Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, akan menerapkan dua inovasi dalam rangka peningkatan dan kemudahkan akses pelayanan kependudukan, inovasi yang akan diterapkan ialah dengan menerapkan Anjungan Dukcapil Mandiri atau ADM dan Aplikasi “Tekan Handphone Akta Jadi”.

 

Hal ini terungkap dalam inspeksi ke gedung  otonom Kantor Walikota, yang dilakukan Walikota Jayapura Dr. Benhur Tomi Mano. MM, bersama Wakil Walikota Ir. Rustan Saru. MM., didampingi Sekda Kota Jayapura R.D. Siahaya, dikantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, ketika melakukan inspeksi serta meninjau langsung proses pelayanan dikantor tersebut, Rabu (31/05/2017).

Dalam kesempatan ini Walikota Jayapura Dr. Benhur Tomi Mano mengatakan, akan memperhatikan beberapa saran penunjang seperti peningkatan jaringan internet, agar dalam penerapannya maksimal, guna memudahkan warga kota Jayapura dalam pengurusan data kependudukan.

Sementara itu, Kepala Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil, Merlin Uloli mengatakan, bawha  dua item inovasi ini dalam penerapannya membutuhkan dukungan peningkatan kapasitas jaringan internet yang kuat hingga 10 Bandwitch.

“Sedangkan kekuatan jaringan saat ini yang dipakai OPD tersebut dalam operasional hanya 2 Bandwitch,” jelasnya.

Dijelaskan, bahwa ADM diusahakan akan ditaruh di sekolah, pasar, serta pusat keramaian yang sgtrategis, ini mirip ATM kartunya juga, untuk Aplikasi “Tekan HP Akta Jadi, warga cukup menggunakan Aplikasinya dari Handphone.

“Namun tentu print out dokumennya harus di Disdukcapil dengan menyertakan dokumen persyaratan yang asli,guna menghindari penipuan,” jelas Kepala Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura, dikantor tersebut.

Ditambahkannya,  hal ini juga telah disampaikan pada kementerin Dalam Negeri RI dan direspon dengan baik pula. (***)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...