PDIP Papua Utamakan Kader Dalam Penjaringan Cagub dan 7 Kepala Daerah

Category: Lintas Papua 48 0
Edoardus Kaize (Ketua PDIP Papua),  bersama John Wempii Wetipo (Kader PDI Papua dan Bupati Jayawijaya) bersama Komarudin Watubun (DPR RI). (ISTIIMEWA)

Komarudin Watubun Akui Penjaringann Calon Sebagai Mekanisme Partai

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –   Meski Dewan Pimpinan Daerah Papua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPD PDIP) Provinsi Papua  namun secara umum Partai lebih mengutamakan kadernya, dan saat ini Kader PDIP yang siap adalah John Wempi Wetipo.

“Memang aturan partai begitu, harus melakukan penjaringan calon dan siapapun boleh daftar, namun kader akan menjadi prioritas,” tutur Ketaua bidang kehormatan partai PDIP Komarudin Watubun di kepada wartawan disela-sela Rapat Kerja Khusus ke III PDIP Papua di Hotel Fave Selasa (30/5/2017).

Menurut Komardin, pendaftaran akan dilakukan bagi celon gubernur dan tujuh kabupaten yang akan melangsungkan pilkada serentak pada 2018 mendatang yaitu: Kabupaten Mimika, Biak Numfor, Jayawijaya, Puncak, Paniai,  Deiyai.

Lanjut Komarudin, pada konferda di merauke sudah di putuskan, PDIP Provinsi Papua mengusung John Wempi Wetipo, tetapi ada mekanisme partai yang harus dilalui yaitu penjaringan calon terbuka untuk umum.

“Siapa saja boleh mendaftar dan akan mengikuti seluruh tahapan seleksi yang dilakukan oleh partai, namun tentunya partai lebih mengutamakan kadernya dan Wempi Wetipo kader akan menjadi prioritas “ tegas Komarudin lagi.

Baca Juga :  Usung JWW, PDI Perjuangan Terus Lobi Partai Lain

Komarudin menjelaskan, salah satu kader PDIP di Papua yang saat ini siap maju dalam bursa pilkada Gubernur Papua 2018 mendatang adalah John Wempi Wetipo, sehingga dirinya telah meminta kepadanya untuk melakukan sosialisasi agar dikenal dan diterima oleh rakyat,  dan itu dilakukan oleh dia.

“Wempi Wetipo adalah kader murni yang maju dalam pencalonan sehingga wajib hukumnya bagi kader untuk  ikut mengkapanyekan Wempi Wetipo,” tutur Komarudim.

Sementara itu Ketua DPD PDIP Perjuangan Papua Edoardus Kaize menjelaskan, sesuai mekanisme partai, penjaringan calon harus dilakukan, meskinpun pada tahun 2015 lalu dalam konferda PDIP Perjuangan di merauke telah menetapkan Jhon Wempi Wetipo sebagai calon tunggal gubernur Papua pada pilkada 2018 mendatang.

“Perdafataran calon tetap di buka karena itu mekanisme partai, namun hasil koferda di merauke juga akan tetap dijalankan karena Wempi Wetipo adalah murni kader partai,” tegas Kaize.

Untuk itu  Edoardus Kaize, selaku ketua DPD PDIP Papua mempersilahkan kepada bakal calon yang ingin mendaftar di PDIP Papua, namun dirinya selaku ketua DPD juga tetap berkomitmen menjalankan hasil konferda di merauke. (***)

Related Articles