20 Perempuan Distrik Heram Ikut Pelatihan Noken

Category: Ekonomi, Lintas Papua 11 0
Kepala Disperindagkop Kota Jayapura, Robert L. N. Awi.(Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Sebanyak 20 Perempuan dari Distrik Heram mengikuti pelatihan  merajut Noken yang di dilakukan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Jayapura, di aula Distrik Heram, di Waena, Rabu (24/5/2017).

 

Kepala Disperindagkop Kota Jayapura, Robert L. N. Awi mengatakan, bahwa kegiatan tersebut diikuti 20 peserta dan pihaknya bertanggungjawab juga untuk pemasaran dari noken – noken yang nantinya telah dirajut.

“Kegiatan pelatihan noken diikuti 20 peserta dari Distrik Heram bertujuan untuk  penguasaan ketrampilan pembutaan noken, karena setiaap distrik telah dibagi  sesuai sonasi industrinya,” ujar  Kepala Disperindagkop Kota Jayapura, Robert L. N. Awi,  kepada media di Kantor Distrik Heram, Rabu (24/5).

 

Dikatakan, semua distrik telah dibagi untuk sonasi industri, sehinggh kalau Distrik Heram adalah Pembuatan Noken, maka hal ini akan terus dilakukan hingga membangun insustri masyarakat tersebut.

“Tentunya kita akan bantu dalam pemasaran, misalnya ada outlet kita di Bandara atau beberapa pihak yang bekerjasa,a dengan kami seperti perbankan juga akan bantu,” katanya.

Baca Juga :  Sepakbola Papua Pimpin Klasemen Grup C PON XIX JABAR

Dirinya berharap, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat ekonomis kepada masyarakat.

 

Peserta Pelatihan Rajut Noken Papua di Kantor Distrik Heram (Eveerth Joumilena/LintasPapua.com)

Sementara itu, Secara terpisah ssebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jayapura, R. D. Siahaya mengatakan, bahwa noken tidak hanya mencerminkan budaya Papua, namun bernilai ekonomis bagi keluarga dan mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat, karena memiliki nilai jual.

 

“Kita harus memiliki kemampuan untuk merajut dengan baik, mendapatkan bahan baku yang baik baik dari kulit kayu maupun benang wol dengan tepat dan cepat,” tuturnya. (Eveerth Joumilena)

Related Articles