Gubernur Papua Resmikan Rumah Sakit “Lukas Enembe” Numfor

0
726
Suasana saat peresmian oleh Gubermur Papua. Lukas.Enembe. (Istimewa)
Kaka Lukas Enembe, sapaan akrab Gubernur Papua ini, yang meresmikan rumah sakit yang menggunakan namanya di Biak Numfor (Istimewa)

 

 

BIAK (LINTAS PAPUA) –  Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH meresmikan sebuah rumah sakit yang terletak di sebuah pulau di Kabupaten Biak tepatnya di Distrik Numfor bernama  Rumah Sakit “Lukas Enembe” pada Kamis (18/5/2017).

Peresmian rumah sakit itu disaksikan langsung Ketua DPRP, Yunus Wonda, SH, MH, anggota DPR RI, Willem Wandik, Bupati Mamberamo Tengah, R. Ham Pagawak SH, M.Si dan Bupati Biak, Thomas Ondy.
Pemberian nama Lukas Enembe pada rumah sakit itu, menurut Bupati Biak, Thomas Ondy bahwa karenakan selama ini pihaknya melihat baik di daerah pegunungan dan juga pesisir yang pernah dikunjungi belum ada bangunan yang dinamai Lukas Enembe.
Padahal, lanjut Ondy, selama empat tahun Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH memimpin Provinsi Papua sudah banyak program infrastruktur yang dibangun.
“Ini sebagai bentuk apresiasi masyarakat Biak khususnya masyarakat Numfor kepada Gubernur atas perhatiannya dalam bidang kesehatan. Dimana sesuai visi misinya membangun Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera yang salah satunya setiap orang harus memperoleh pelayanan kesehatan yang baik,” ungkap Thomas Ondy.
Bupati Thomas dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih atas kunjungan Gubernur Papua untuk pertamakalinya ke Pulau Numfor.
Menurut Bupati Thomas, pembangunan rumah sakit ini sangat penting untuk menjawab kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat Numfor. Sebab, selama ini masyarakat kesulitan untuk berobat karena keterbatasan sarana prasarana dan juga tenaga medis.
“Karena jarak antara pulau Numfor ke Biak maupun ke Manokwari cukup jauh untuk berobat makanya pemerintah membangun rumah sakit type D disini,” terangnya.
Selain meresmikan rumah sakit, Gubernur Lukas Enembe juga menyerahkan bantuan satu unit mobil Ambulance dan satu unit mobil jenazah. Serta. menyerahkan dua unit
pembangkit listrik tenaga diesel untuk membantu pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat di Numfor
Sekedar diketahui, Pulau Numfor terdiri dari lima distrik dimana masing-masing distrik terdapat satu puskesmas dan jumlah penduduknya lebih dari 10 ribu jiwa.
Sementara itu, Kepala Distrik Poiru, Andris Mansbawar mewakili masyarakat Numfor menyampaikan terima kasih atas perhatian Gubernur Papua Lukas Enembe.
Diakuinya, ini akan memotivasi seluruh warga untuk terus bangkit meski berada di kepulauan yang jauh dari kota.
“Semoga kehadiran ini dapat memberi berkat bagi seluruh masyarakat khususnya dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Numfor,”imbuhnya.
Ia juga berharap ke depan pemerintah bisa segera melengkapi fasilitas rumah sakit seperti alat kesehatan dan juga tenaga medis supaya bisa berjalan optimal didalam melayani kesehatan masyarakat.
Dalam kesempatan itu, Gubernur Papua, Lukas Enembe berjanji untuk membantu penambahan fasilitas rumah sakit.
“Pastinya ke depan kami akan bantu untuk melengkapi semua fasilitas yang dibutuhkan di rumah sakit ini,”terang Gubernur.
Gubernur juga merasa terkesan dan kaget karena rumah sakit ini diberi nama dirinya.
“Terima kasih ini luar biasa karena nama rumah sakitnya sama dengan nama saya. Terima kasih Bupati Biak dan terima kasih untuk masyarakat semua,” harapnya.
Gubernur menambahkan, pembangunan rumah sakit ini merupakan wujud komitmen dirinya untuk mencegah terjadinya kematian orang Papua karena sakit.
Suasana saat peresmian oleh Gubermur Papua. Lukas.Enembe. (Istimewa)
“Tidak boleh ada lagi orang Papua meninggal karena sakit yang disebabkan terlambat memperoleh pelayanan kesehatan. Itulah sebabnya kita terus berupaya bagaimana meningkatkan derajat kesehatan orang Papua salah satunya dengan peningkatan pelayanan kesehatan baik Puskesmas maupun rumah sakit,”tegasnya.
“Saat ini, saya bisa menyaksikan langsung kehidupan masyarakat Numfor dan pesan saya ke depan bahwa tolong dijaga masyarakat asli Papua jangan sampai banyak yang meninggal karena sakit ataupun karena hal lainnya,” pinta Gubernur.
 Dalam acara peresmian ini, juga ada penyerahan dokumen keagamaan yang diberikan oleh Ketua Klasis gereja setempat kepada Gubernur. (ama/rm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here