Kapolda Boy Rafli Amar Jabarkan Program Polisi Membangun Papua

Category: Lintas Papua, POLHUKAM 41 0
Suasana Pemaparan Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Boy Rafli Amar, M.H., saat acara coffee morning di Polda Papua, Kota Jayapura. (Eveerth Joumilena / LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Acara Coffee Morning Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Boy Rafli Amar, M.H., dengan insan pers, berkesempatan mengulas program Polisi membangun Papua.

“Berkaitan dengan masalah kepolisian di Papua serta dalam rangka melaksanakan tugas kepolisian, maka ada berbagai kebijakan yang dijabarkan dari Polri, demikian ada pula 11 prioritas, sehingga semua diharapkan dapat diimplementasikan secara baik,” ujar Kapolda Papua, Irjen Boy Rafi Amar, dalam diskusi bersama acara Coffee Morning di Rupatama Polda Papua, Senin (15/5).

Dikatakan, secara khusus di Papua, juga dibangun program “Papua Satu Bangsa”, yang dijabarkan dalam lima program unggulan, semuanya tentunya untuk membangun Papua.

“Kepolisian akan pro aktif membangun jaringan dengan masyarakat dari setiap program yang ada, tentunya polisi menjadi sahabat masyarakat, sahabat mahasiswa dan semua komponen masyarakat,” katanya.

Pada kesempatan tesebut, Kapolda menjelaskan, adanya rencana uuntuk membentik Satgas Antik Konflik Sosial, yang mana akan berfungsi untuk mencegah dan mengedepankan pencegahan.

“Dalam hal ini juga melibatkan masyarakat, sehingga hal ini bagaimana menjadi sebuah upaya mengeliminasi segala konflik sosial, misalnya masalah kesukuan dam primordialisme dan konflik sosial, diharapkan debgan satgas ini bisa lebih dini mencegahnya,” harap Mantan Kabid Humas Polri ini.

Irjen Boy Rafli juga memaparkan, program formula satu, yakni bagaimana program mtertib lalu lintas dan kampanye kesadatran berkendaraan.

“Kita semua masalah kecelakaan lalu lintas, sehingga program ini menjadi baik untuk membangun kesadaran berkendaraan di jalan raya,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Wartawan RRI Pro 1 Jayapura, Herry Usulu menanyakan bagaimana upaya Kapolda Papua terkait dengan berbagai kondisi sosial yang sekarang lagi marak dengan pembunuhan dan bagaimana menyikapi program Wali Kota Jayapura untuk memasang kamera CCTV di berbagai wilayah di Kota Jayapura.

Kapolda Papua menjawab, tentunya akan berkoordinasi dan melihat sesuai kebutuhan, namun tentunya harus ada semacam peraturan kota atau kalau di daerah menajdi sebuah peraturan daerah.
“Kami akan mendukung untuk hal yang positif, jika pemerintah memulai yang baik, pasti akan dikoordinasikan secara baik,” katanya.

Hadir dalam acara coffee morning berbagai pimpinan media dan wartawan media cetak dan eletronik dan semua melakukan diskusi dan tanya jawab berjalan baik diakhiri dengan makan siang bersama. (Eveerth Joumilena)

Baca Juga :  Nicholas Jouwe dan Dialog Papua (Mengenang Kepergian Tokoh Papua)

Related Articles