Pansel MRP Kota Jayapura Gelar Workshop Penguatan Calon Anggota

Suasana Pelaksanaan Workshop oleh Pansel MRP Kota Jayapura (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Panitia Pemilihan Anggota Majelis Rakyat Papua menggelar Workshop Untuk meningkatkan pengetahuan calon Anggota Majelis Rakyat Papua Periode 2016 – 2021 tentang penyelenggaraan Pemilihan Anggota MRP tahap II (Kedua) di Daerah Pemilihan I Tabi di Kabupaten Jayapura.

Hal ini disampaikan Sekretaris Panitia Seleksi MRP Kota Jayapura, Henry Iwong, S.Pd, M.Pd., sekaligus menjelaskan, bahwa kegiatan ini tentunya Melihat tugas, wewenang dan komposisi MRP maka bisa dilihat bahwa MRP bukanlah perwakilan partai politik atau komunitas politik, melainkan lebih kepada perwakilan budaya yang dalam hal ini diwakili kelompok adat, agama dan perempuan.

“Dengan demikian, MRP sebagai lembaga yang dibentuk melalui pemilihan umum yang dipilih secara langsung, mandapatkan mandatnya secara langsung dari komunitas adat, lembaga keagamaan dan kelompok-kelompok perempuan,” ujar Henry Iwong, kepada LintasPapua.com, di Argapura, Kota Jayapura, Jumat (12/5/2017).

Dijelaskan, bahwa Sasaran kegiatan ini adalah Calon Anggota terpilih pada tahap I (pertama) berjumlah sepuluh orang yaitu, calon anggota MRP wakil Adat berjumlah 2 (dua) orang dan calon anggota MRP wakil Perempuan berjumlah 8 (delapan) orang.

“Dalam kesempatan ini semua saling berdiskusi dan bertukar pikiran serta memahami apa yang menjadi dasar dari pembentukan MRP, yakni sejenis aksi afirmatif yang memiliki tujuan untuk meningkatkan partisipasi rakyat Papua dalam setiap pengambilan keputusan di Papua, baik yang berkaitan dengan politik dan ekonomi, agar dapat melindungi hak-hak orang asli Papua dan juga meningkatkan kesejahteraan orang asli Papua,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Seleksi MRP Kota Jayapura, Pdt. Hiskia Rollo, S.Th, MM., menuturkan bahwa pihaknya mengundang Dr. Costan Ansanay, SH. MH sebagai Konsultan Hukum dan Ham Sinode GKI di Tanah Papua dan LMA Port Numbay yang diwakili Sekretaris LMA Port Numbay, Drs. Edy Ohoiwutun adalah untuk saling berbagai pengetahuan dan sharing informasi dan diskusi.

Suasana Pelaksanaan Workshop oleh Pansel MRP Kota Jayapura (LintasPapua.com)

“Semoga ini menjadi sebuah informasi dan pengetahuan, agar nantinya saat masuk dalam proses tahapan selanjutnya dapat lebih mantap dan bermanfaaat, tentunya bisa lebih peduli dengan masyarakat adat,” harapnya.

Dari Kota Jayapura telah ditetapkan 8 orang perempuan dan 2 orang perwkailan adat, selanjutnya akan dibawa ke Panitia Tingkat Wilayah Tabi untuk diproses lebih lanjut sesuai aturan mekanisme pemilihan.

Adapun nama – nama Bakal Calon Anggota MRP Wakil Adat, yakni ditetapkan berdasarkan pada Peraturan Daerah Khusus Nomor 14 Tahun 2016, maka para bakal calon yang dinyatakan lolos sebagai Calon Anggota MRP Wakil Adat Periode 2016 – 2021 ada dua calon, yakni sesuai Rekomendasi Organisasi Adat adalah Yohanis Mebri dan Gerson Yulianus Assor, sedangkan, Calon Anggota MRP Wakil Perempuan Periode 2016 – 2021, sesuai Rekomendasi Organisasi Perempuan adalah Nerlince Wamuar Rollo, SE., Salomina Wamiau, Sofia Sifora Merauje, S.Sos., Naci Jacqueline Hamadi, SE., Agnes Youwe, SE. M.Eng., Editha Afaar, Monica Iwo, S.Pd. dan Paulina Merahabia, SE.
(Eveerth Joumilena)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...