Inilah 2 Perwakilan Adat dan 8 Perempuan Calon Tetap MRP dari Kota Jayapura

Category: Lintas Papua 60 0
Ketua Panitia Seleksi Anggota MRP Wilayah I Kota Jayapura, Pdt. Hiskia Rollo, S.Th, MM.(Eveerth Joumilena/LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) Panitia Pemilihan Anggota Majelis Rakyat Papua (mrp) Wilayah Kota Jayapura periode 2016 – 2021, akhirnya menetapkan 8 orang Perwakilan Perempuan dan 2 Orang Perwakilan Adat si sekretariatnya di Argapura, Jumat (12/05/2017).

Penetapan ini dilakukan di Kantor Sekretariat Pansel MRP Wilayah Kota Jayapura, di Kompleks Ex Kantor Sinode GKI di Tanah Papua No. 21, Jln. Argapura-Jayapura yang disepakati bersama Ketua Panitia Seleksi Anggota MRP Wilayah I Kota Jayapura, Pdt. Hiskia Rollo, S.Th, MM, Sekretaris, Henry CH Iwong, S.Pd, M.Pd serta Anggota lainnya, Makzi L. Atanay, SH., Grace Y. Merauje, S.Pd, M.Pd, dan Dominggus Norotumilena, S.Sos.

“Mandat dan keepercayaan dari Kesbongpol semua telah memverifikasi dan menetapkan 2 dari adat dan 8 perempuan, semuanya akan diserahkan ke panitia pemilihan tingkat wilayah Tabi Daerah Pemilihan I,” ujar Pdt. Hiskia Rollo, S.Th, MM, saat memberikan keterangan kepada LintasPapua.com, di sekretariat tersebut di Argapura, Jumat (12/5).

Dirinya menjelaskan, bahwa nantinya dibawah menjadi satu kesatuan untuk dapil satu Tanah Tabi, dalam rangka menuju wilayah pemilihan di Kabupaten Jayapura.

“Berbagai proses semua telah dilewati dan inilah hasilnya yang siap kami sampaikan, sehingga terimakasih kepada Kesbangpol Kota Jayapura atas kepercayaan yang diberikan untuk Pansel MRP Kota Jayapura bekerja,” katanya.

Baca Juga :  Perjuangan Guru Honorer Tangguh di Perbatasan Papua Nugini

Sementara itu, Anggota Pansel MRP Kota Jayapura, Grace Y. Merauje, S.Pd, M.Pd, menjelaskan, bahwa untuk menunjung kegbiatan ini, maka dilakukan workshop sebagai penguatan , sehingga diharapkan dapat bermanfaat nantinya.
“Kami mengundang DR.Constant Ansanay, untuk terlibat memberikan pencerahan dan LMA Port Numbay mellaui Sekretaris LMA, Edi Ohoiwutun, sehingga ada materi – materi yang bisa disharing dan diskusi,” katanya.

Adapun nama – nama Bakal Calon Anggota MRP Wakil Adat, kata Ibu Grace Merauje, yakni ditetapkan berdasarkan pada PERDASUS No.14 Tahun 2016, maka para bakal calon yang dinyatakan lolos sebagai Calon Anggota MRP Wakil Adat Periode 2016 – 2021 ada dua calon, yakni Nama Rekomendasi Organisasi Adat, Yohanis Mebri dan Gerson Yulianus Assor.

Sedangkan, Calon Anggota MRP Wakil Perempuan Periode 2016 – 2021, sesuai Rekomendasi Organisasi Perempuan adalah Nerlince Wamuar Rollo, SE., Salomina Wamiau, Sofia Sifora Merauje, S.Sos., Naci Jacqueline Hamadi, SE., Agnes Youwe, SE. M.Eng., Editha Afaar, Monica Iwo, S.Pd. dan Paulina Merahabia, SE.

Sebelumnya, Sekretaris Panitia Seleksi MRP Kota Jayapura, Henry Iwong, S.Pd, M.Pd., mengatakan, bahwa pihaknya sudah melaksanakan semua tahapan dengan baik.

Baca Juga :  LEMASA Dukung Dibentuknya Pengadilan Adat Sesuai UU Otsus

“Kami seleksi dari bakal calon dan pengusul dari organisasi hingga verfikasi berkas perndaftar, dari Perempuan ada 30 orang dan yang kembalikan berkas ada 16 orang dan yang lolos verifikasi ada 13 orang,” jelasnya.

Dikatakan, untuk perwakilan adat yang mengambil formulir ada 10 pendaftar, namun yang kembalikan berkas hanya 6 orang dan dari hasil verifikasi yang lolos hanya dua orang.

Disampaikan, setelah verfikasi bakal calon akan menetapkan calon tetap yang nantinya akan musyawarah pada tanggal 12 Mei 2017 akan dikirimkan ke Kabupaten Jayapura.

Dua Calon Anggota MRP Wakil Adat Periode 2016 – 2021, dari Kota Jayapura, Gerson Yuianus Assor dan Yohanis Mebri (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

Dari informasi yang diperoleh, semua berkas akan diserahkan tanggal 15 Mei 2017 kepada panitia tingkat wilayah Tabi di Kabupaten Jayapura, selanjutnya semua bakal calon yang ditetapkan akan diproses ketingkat paling atas. “Kami siap untuk proses selanjutnya dan jika dipercayakan akan tetap berjuang dan bekerja untuk kepentingan masyarakat adat,” ujar Gerson Yulianus Assor, ditemani Yohanis Mebri, usai penetapan. (Eveerth Joumilena)

Related Articles