Anggota MRP Kota Jayapura Siap Ditetapkan 12 Mei

Category: Lintas Papua 35 0

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)- Kepala Badan Kesatuan Bangsal Politik (Kesbangpol) Kota Jayapura, Ever Merauje mengatakan, bahwa Pemilihan anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) periode 2016 – 2021 akan ditetapkan nama – nama yang lulus, pada tanggal 12 Mei 2017, guna dibawa ke tahapan Selnjutnya Tingkat Wilayah Tabi.

Kepala Badan Kesatuan Bangsal Politik (Kesbangpol) Kota Jayapura, Ever Merauje mengatakan, daerah pemilihan (dapil) satu wilayah satu (Kabupaten dan Kota Jayapura, Keerom) merebut empat kursi dua perempuan dan dua perwakilan adat. Pendaftaran anggota dimulai per 1 April 2017.

“Proses ini kami memulai dengan melakukan konsolidasi ke masyarakat adat, lembaga adat dan kaum perempuan. Semua tahapan sudah dilalui hingga tahapan verifikasi. Kemarin sekarang masuk ke hari kedua jumlah perempuan yang mendaftar ada 30 orang dan 10 orang dari adat. Dinamika itu lebih banyak perempuan,” ujar Ever Merauje, saat dikonfirmasi, Kamis (11/05/2017).

Dikatakan, bahwa mereka yang mendaftar sangat bersemangat, dan dalam proses seleksi tersebu ada seleksi berkas ada panpel dan pengawas.

Baca Juga :  Cegah Korupsi, Pemprov Papua Minta Dukungan Kelistrikan dan Telekomunikasi

“Setelah melalui tahapan ini enam perwakilan perempuan dan enam perwakilan adat ditetapkan melalui SK. Lalu pada tahap kedua, selanjutnya, dibawa ke Kabupaten Jayapura dikumpul dan diseleksi.

“Dari enam besar itu akan terlihat sesuai dengan kriteria. Kami tidak kerja sendiri. Kami minta nasihat lembaga adat, karena ini kepentingan masyarakat di wilayah Tabi. Kami juga minta pendapat dari Pemerintah Kota Jayapura,” katanya.

Sekretaris Panitia Seleksi MRP Kota Jayapura, Henry Iwong, S.Pd, M.Pd. (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

Sementara itu, Sekretaris Panitia Seleksi MRP Kota Jayapura, Henry Iwong, S.Pd, M.Pd., mengatakan, bahwa pihaknya sudah melaksanakan semua tahapan dengan baik.

“Kami seleksi dari bakal calon dan pengusul dari organisasi hingga verfikasi berkas perndaftar, dari Perempuan ada 30 orang dan yang kembalikan berkas ada 16 orang dan yang lolos verifikasi ada 13 orang,” jelasnya.

Dikatakan, untuk perwakilan adat yang mengambil formulir ada 10 pendaftar, namun yang kembalikan berkas hanya 6 orang dan dari hasil verifikasi yang lolos hanya dua orang.

Disampaikan, setelah verfikasi bakal calon akan menetapkan calon tetap yang nantinya akan musyawarah pada tanggal 12 Mei 2017 akan dikirimkan ke Kabupaten Jayapura.

Baca Juga :  Peduli Pengungsi Rakhine, Bantuan Kemanusiaan Indonesia Tiba di Bangladesh
Kepala Badan Kesatuan Bangsal Politik (Kesbangpol) Kota Jayapura, Ever Merauje. (LintasPapua.com)

“Hasil seleksi ini semua akan dibawa lagi ke tingkat wilayah adat Tabi dan akan diseleksi lagi disana,” jelasnya.
Hal senada dikemukakan Anggota Panitia, Grace Merauje, S.Pd, M.Pd, mengatakan bahwa semua tahapan berjalan baik dan semunya telah dikonsultasi ke Panitia Tingkat Provinsi.

“Kami juga berkan apresiasi karena banyaknya perempuan Kota Jayapura yang masuk dalam proses seleksi ini, merupakan sebuah kemajuan,” katanya. (Eveerth Joumilena)

Related Articles