Pemprov Papua Sarankan KPU Evaluasi Jelang Kesiapan Pemilu 2018

Category: Lintas Papua 15 0

Asisten I Setda Papua, Doren Wakerkwa (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pemilukada Gubernur Papua dan beberapa kabupaten akan segera berlangsung pada 27 Juni 2018, sehingga KPU sebagai penyelenggara semua proses Pemilukada di Papua diharapkan dapat melakukan evaluasi untuk kesiapannya.

“Saya harap KPU Sebagai penyelenggara dapat melakukan evaluasi pelaksanaan Pemilukada, apalagi menjelang tanggal 27 Juni 2018 sudah dimulainya tahapan,” ujar Doren Wakerkwa, di Jayapura, Selasa (25/4).

Dirnya meminta, agar penyelenggara mempunyai perhitungan yang bagus dan mantap serta menjalankan prinsip integritas dan independensi, sehingga sebagai eksekutor harus eksekusi yang bagus.

“Pemerintah pasti mendukung semua proses tahapan, karena adalah agenda negara, namun kesiapan penyelenggara adalah bagian penting dan penyelenggara harus bisa berkoordinasi baik , termasuk konsolidasi dengan masyarakat di daerah,” pesannya.

Doren Wakerkwa menambahkan, alasan yang perlu dilakukannya evaluasi, karena pengalaman Pemilu 2017 adalah sangat banyak terjadi kekacauan dan bahkan adanya Pemungutan Suara Ulang (PSU), sehinggaini adalah catatan kurang baik.

“Siapa yang bertanggungjawab, maka demokrasi ini harus dilaksanakan baikdan tidak perlu banyak intervensi dari siapapun dan tak perlu ada PSU yang justru menambah beban uang negara, sebab mau diambil dari manalagi, sehingga hal – hal ini harus jadi perhatian,” sarannya.
Disampaikan, bahwa PSU mungkin saja, namun harus baik dan menghargai proses demokrasi dan penyelenggara harus bertindak sesuai aturan.

Baca Juga :  Pemkot Jayapura Siapkan Rp. 16 Miliar Bayar Gaji 14 dan THR ASN

Sementara itu, terkait dengan tahapan, maka KPU RI sudah menetapkan tanggal pencoblosan Pilkada Serentak 2018 yaitu pada tanggal 27 Juni 2018. Rencananya, ada 171 daerah yang mengikuti Pilkada 2018.

Adapun Tahapan Pilkada serentak 2018 akan dimulai 10 bulan sebelum hari pencoblosan. Itu berarti tahapan dimulai Agustus 2017. Pilkada serentak tahun 2018 akan lebih besar daripada Pilkada sebelumnya.

Sebanyak 171 daerah akan berpartisipasi pada ajang pemilihan kepala daerah tahun depan. Dari 171 daerah tersebut, ada 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada di 2018.

Khusus di Papua adalah Provinsi Papua dan Kabupaten Membramo Tengah, Kabupaten Paniai, Kabupaten Puncak, Kabupaten Deiyai, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Mimika. (Eveerth Joumilena)

Related Articles