TRC PB Kabupaten Jayapura Siap Sukseskan HKBN 2017

Category: Lintas Papua 26 0

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana Kabupaten Jayapura siap mensukseskan kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2017 yang serentak dilasanakan di seluruh Indonesia, yang direncanakan, Rabu (26/04/2017).

Dalam kaitan itu, Badan Penggulangan Bencana Daerah Kabupaten Jayapura menyelenggarakan kegiatan Penguatan Kapasitas Manajemen dan Penanggulangan Bencana tahun 2017, bertempat digedung Tabita Sentani Kabupaten Jayapura, Selasa (25/4).

Dalam sambutanya tersebut, Asisten II Sekretaris Daerah kabupaten Jayapura bidang Perekonomian dan Pembangunan, Denny Simbar, SE, MM., mengatakan, bahwa berkaca dari kejadian-kejadian bencana yang terjadi di Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Jayapura pada khususnya, maka penyelemggaraan kebencanaan harus ditata dengan baik.

“Hal ini juga sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 21 tahun 2008 tentang sistim penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di Indonesia,” ujar Asisten II Setda Kabupaten Jayapura, Denny Simbar, melalui release yang diterima TRC PB, ( Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana) Kabupaten Jayapura, Selasa (25/4).

Dikatakan, bahwa kegiatan ini sangat penting bagi kita semua sebagai Aparatur Sipil Negara yang tergabung dalam kabupaten yang memiliki tingkat kerawanan bencana yang tinggi.

Baca Juga :  Penataan Kearsipan di Wamena Tingkatkan Mutu Pelayanan


“Penanganan bencana tidak akan terlaksana dengan baik dan maksimal ], apabila penanganannya tidak dilakukan secara terintegrasi, terpadu dan terkordinasi yang melibatkan semua komponen serta elemen baik itu pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan semua unsur dan elemen yang ada,” ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh kepala pelasana Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Jayapura, Drs. Sumartono, yang berharap kegiatan ini nantinya dapat bermanfaaat bagi semua orang yang mengikutinya dan tentunya menambah informasi tentang pentingnya mencegah dari bahaya kerawanan.

Selain itu, Sekretaris BPBD kab Jayapura, Drs. Suliyono, para kepala bidang dan semua yang tergabung dalam Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana Kabupaten Jayapura.

Dalam kegiatan ini akan dilaksanakan Simulasi Bencana Gempa Bumi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 April 2017 bertempat di gedung A kantor Bupati Jayapura, dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang serentak dilasanakan diseluruh Indonesia.

Sementara itu, Salah Satu Staff Unit TRC PB Kabupaten Jayapura, Boni Siriyei menjelaskan, bahwa semau akan berkumpul tempat paling aman untuk mengecek keberadaan seluruh anggota keluarga dan ditempat inilah kita memastikan tindakan evakuasi korban.

Baca Juga :  Mendorong Kaukus Otonomi Khusus Papua di DPRP

“Demikian rencana simulasi dan kesiapan untuk sukseskan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2017 di Kabupaten Jayapura yang laksanakan besok tanggal 26 April 2017, sekaligus simulasi Gempa dilaksanakan tepat pukul 10.00 WIT di gedung “A” kantor Bupati Jayapura, gunung merah Sentani,” kata Boni Siriyei, pria asal Kampung Meukisi ini.
(Eveerth Joumilena)

Related Articles