Freeport Gandeng PLN Layani Masyarakat Daerah Terpencil di Ayuka

Masyarakat kampung Ayuka foto bersama perwakilan PT Freeport Indonesia dan PLN menandakan resminya pengelolaan listrik oleh PLN di Kampung Ayuka. (Foto Istimewa)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  PT Freeport Indonesia pada hari ini menyerahterimakan pengelolaan listrik di Kampung Ayuka dengan melakukan migrasi listrik dari Genset milik PTFI ke Listrik PLN melalui jaringan yang telah disiapkan oleh PLN. Migrasi pengelolaan listrik ini sejalan dengan program pemerintah untuk melakukan elektrifikasi daerah-daerah terpencil.

 

 

 

 

 

Ayuka merupakan kampung dampingan PTFI, yaitu kampung yang dibangun perusahaan untuk penduduk yang tinggal di sekitar area kerja PTFI. Acara peresmian ini turut melibatkan Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika, serta tokoh-tokoh serta mitra lainnya.

 

”Pelayanan listrik menjadi tanggung jawab bersama dan kami mengapresiasi pemerintah dan PLN yang terlibat langsung dengan menyediakan listrik ke desa-desa yang ada di Mimika. PTFI siap menyesuaikan program bantuan pemerintah dengan program pemerintah, khususnya pemanfaatan listrik yang bertanggungjawab dan memenuhi unsur keadilan,” kata Manager Community Liaison Officer (CLO), Salmon Naa, dalam release press yang diterima Harian Pagi Papua, di Jayapura, Senin (17/4).

 

PTFI telah membangun dan memberikan bantuan listrik kepada 10 kampung di Kabupaten Mimika. Sejak 2005, PTFI melakukan kerjasama dengan PLN untuk pengadaan fasilitas jaringan dan pemeliharaan fasilitas listrik. Untuk di Kampung Ayuka, PTFI menserahterimakan pengelolaan listrik sekitar 56 bangunan rumah dan fasilitas umum untuk dikelola oleh PLN.

http://ptfi.co.id/id

”Per tanggal 13 April 2017, masyarakat di Kampung Ayuka resmi menerima listrik dari Negara. Pesan saya, harap dijaga seluruh fasilitas listrik yang ada di kampung ini agar dapat dimanfaatkan secara maksimal dan dapat meningkatkan perekonomian di Kampung Ayuka,” kata Manager PLN Area Timika, Salmon Karteh dalam sambutannya.

 

 

 

 

 

Dalam memfasilitasi serah terima pengelolaan listrik ini, sejak 2013 PTFI juga telah membantu masyarakat melakukan migrasi dari model paska bayar ke program pra bayar di tiga kampung. Selain untuk menyesuaikan program Pemerintah, migrasi juga dilakukan sebagai bagian dari pembelajaran kepada masyarakat untuk pemanfaatan listrik yang bertanggung jawab. (Eveerth Joumilena)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...