Kesbangpol Kota Jayapura Gelar Penyuluhan Tata Kelola Organisasi dan Parpol

Kepala Kesbangpol Kota Jayapura, Evert N. Merauje, S. Sos. M.Si. (Elsye Sanyi / Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –­ Dalam rangka meningkatkan wawasan kebangsaan yang berlandaskan pada Bhineka Tunggal Ika dan meningkatkan wawasan berpolitik masyarakat, Pemerintah Kota Jayapura melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Jayapura menyelenggarakan penyuluhan kepada masyarkat tentang tata kelola Partai Politik (Parpol), Paguyuban/Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan lembaga nirbala lainnya, di Hotel Grand Talent Abepura, Kamis (6/4/2017).

 

 

 

Kepala Kesbangpol Kota Jayapura, Evert N. Merauje, S. Sos. M.Si, mengemukakan tujuan penyuluhan untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat dan sharing tentang isu politik kekinian yang terjadi di Indonesia, Papua dan secara khusus di Kota Jayapura.

“Kami di Kota Jayapura ini masih memakai hitungan kursi. Mudah-mudahan tahun ini hitungan yang dipakai adalah sesuai dengan Undang-undang, yakni hitungan suara,” terangnya.

Evert menambahkan ada sekitar 15 Parpol yang ada di Kota Jayapura yang diundang, beserta  Ormas, Paguyuban yang ada minat ke politik dan juga tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan di Kota Jayapura dengan maksud untuk memberikan pendidikan politik kepada warga kota sehingga warga kota ini mempunyai pemahaman dan pengetahuan.

“Penyuluhan ini bertujuan ketika dia berpolitik itu ada etikanya, etika dalam politik. Ada tata kramanya. Sebenarnya arah pendidikan politiknya kesitu yang praktis-praktis, untuk bagaimana masyarakat itu mengerti bahwa Parpol itu penting, tapi juga punya etika hati nurani. Politik sendiri itu sesuatu yang sangat menyenangkan,” pungkasnya.

Penjabat Walikota Jayapura, Daniel Pahabol, S. Pd. MM dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum, Sem Stenly Merauje, S. Pak, MM mengatakan pendidikan politik merupakan suatu proses aktivitas masyarakat yang bertujuan untuk membentuk dan menumbuhkan orientas-orientasi politik pada individu maupun kelompok, sehingga dapat memiliki nilai atau keyakinan muatan politis.

Lanjutnya, seperti memiliki wawasan, pandangan ideologi dan pengetahuan politik, agar ke depan dapat menentukan sikap politiknya secara arif dan bijaksana sekaligus dapat berpartisipasi politik secara aktif dan dinamis, didalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sementara itu, narasumber  dalam kegiatan penyuluhan, yakni Ketua DPRD Kota Jayapura tentang fungsi kepengawasan budgeting dan legislasi terhadap antisipasi perkembangan politik di Kota Jayapura. Kedua, Kepala Badan Kesbangpol Kota Jayapura tentang penanganan konflik di Kota Jayapura, dan narasumber ketiga Sekretaris Badan Kesbangpol Provinsi Papua tentang tata kelola partai politik.

Adapun penerima manfaat dari kegiatan ini sesuai dengan kelompok sasaran adalah partai politik, ormas, lembaga nirbala lainnya di daerah yang hadir berjumlah 150 orang. (Elsye Sanyi /Koran Harian Pagi Papua)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...