APTIKOM Akan Gelar Konferensi Informasi Teknologi Internasional di Papua

Ketua Aptikom Pusat, Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D, (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (APTIKOM) berencana akan menggelar rapat dan Konferensi Informasi Teknologi Nasonal dan Internasional pada bulan November 2017,  di Papua yang akan didukung Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten/Kota serta perguruan tinggi pengguna Informasi Teknologi di Papua.

 

 

“Papua memang layak dijadikan tempat untuk rapat nasional pendidikan tingi informatika dan komputer, sebab selain rapat nasional juga akan digelar konferensi internasional yang pertama di Jayapura dan Ini konferensi yang pertama dan akan melibatkan peserta dari negara lain dan Indonesia sebanyak 300 – 400 peserta,” ujar Ketua Aptikom Pusat, Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D,  saat dijumpai  di Pantai Kalkhote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Kamis, (6/4/2017)

 

Prof. Zainal A. Hasibuan   berharap, masyarakat terutama perguruan tinggi dapat menggunakan teknologi informasi dan komunikasi diberbagai macam bidang ilmu pendidikan dan ekonomi serta kesehatan dan bidang lainnya.

Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D bersama Mohamad Rahmat Irji Matdoan, MT dan Gustaf Griapon,ST., saat foto bersama di Kalkhote, pinggiran Danau Sentani, Distrik Sentani Timur. (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

“Sedangkan hal lainnya yang akan bawa untuk Papua adalah berbagai program dan tentunya dalam rapat nasional akan dibahas bersamam yakni menjadikan moment ini kesempatan bagi Papua terhadap nasional dan internasional,” katanya.

 

 

Guru Besar Universitas Indonesia yang juga  Juga Sebagai Ketua Badan Standart Nasional Indonesia.( BSNI ) ini mengatakan, bahwa terutama bidang pendidikan dan bisnis,  akan diberdayagunakan ekonomi kecil, yakni bisnis online.

 

 

 

Ketika ditanyakan, mitra kerja dalam mensukseskan agenda nasional ini, Prof. Zainal A. Hasibuan menjawab, akan melibaatkan pemerintah daerah  dan tentunya provinsi dan kabupaten kota, sebab telah ada program pemanfaatan teknologi informasi komunikasi yang saat ini dikembangkan.

 

 

“Tentu juag di Kominfo untuk program Palapa Ring dan dalam kesempatan tersebut nantinya akan menyambungkan semua kota di Papua dan Papua Barat, sehingga  hal ini akan menyerap sumber daya manusia yang lebih banyak lagi,” ucapnyua.

Diakui, berbagai program membutuhkan sumber daya manusia yang handal dan cerdas, sehingga nantinya akan mendorong dan mengajak perguruan tinggi, terutama  yang kini menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

 

“Kami akan berdayakan dosen dan mahasiswa agar bisa memanfaatkan Teknologi Informassi dan Komunikasi,” harapnya.

 

 

Ditambahkan, pihaknya juga berkoordinasi dengan TIK Provinsi Papua  untuk moment PON XX 2020.

 

 

“Kami mendukung, sehingga kesempatan ini akan baik untuk penggunaan TIK secara berkelanjutan,” katanya..

 

Mohamad Rahmat Irji Matdoan, MT, selaku Sekretaris APTIKOM PAPUA (Eveerth/LintasPapua.com)

Dalam kunjungan ke Danau Sentani tepatnya di Khalkote Kampung Harapan, sekalian melihat dari dekat potensi wisata Papua yang ditemani Mohamad Rahmat Irji Matdoan, MT, selaku Sekretaris APTIKOM PAPUA, yang juga Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komputer dan Manajemen Informatika.( FIKOM ) Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ). Serta ditemani Gustaf Griapon,ST.Kepala Bidang Teknologi Informatika dan Komunikasi.( TIK ), Pada Dinas KOMINFO Kabupaten Jayapura.

 

 

 

 

Keduanya mengakui, kegiatan ini tentunya akan menjadikan Papua lebih terkenal dimata nasional dan internasional, dalam pengertian untuk teknologi dan informasi komunikasi akan terus maju.

 

 

 

“Sebabnya menjadi harapan didukung semua pihak secara baik, apalagi melihat komitmen untuk mendukung pelaksanan PON XX 2020 dan kemajuanh TIK seluruh tanah Papua,” tandasnya.

 

Ketua Aptikom Pusat, Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D, saat diwawancarai dengan latar belakang Danau Sentani, Khalkote, Sentani Timur (LINTASPAPUA.COM)

Ditambahkan, bahwa Tujuan Prof datang adalah dalam Rangka Rakornas APTIKOM Se-Indonesia Melibatkan Kampus2 IT Se-Indonesia dan Juga Para Akademisi IT. Mulai Dari Profesor dan  guru Besar IT dan Papua sebagai Tuan Rumah pada bulan November 2017 di Jayapura.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

“Kedatangan ini sekaligus melihat Destinasi wisata, yakni akan melakukan kunjungan  keliling Danau Sentani, usai kegiatan tersebut,” ucap Gustaf Griapon,ST.Kepala Bidang Teknologi Informatika dan Komunikasi.( TIK ), Pada Dinas KOMINFO Kabupaten Jayapura. (Eveerth Joumilena)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...