Penjabat Walikota Daniel Pahabol Monitoring UNBK Tingkat SMK

Suasana Pemantauan Pelaksanaan UNBK di SMK di Kotaraja Kota Jayapura oleh Penjabat Walikota, Daniel Pahabol. (Foto Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Penjabat Walikota Jayapura, Daniel Pahabol, S. Pd., MM. melakukan monitoring di beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang  melaksanakan UNBK di Kota Jayapura, di mulai pada 3-6 April 2017.

Pahabol memonitoring pelaksanaan UNBK di SMK Negeri 5 Jayapura, SMK Negeri 2 Jayapura, SMK Negeri 1 Jayapura serta SMK Yapis Jayapura, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa beserta pihak PLN di Kota Jayapura, Senin (3/4).

Lanjutnya, tujuan dia mengunjungi beberapa SMK untuk memastikan pelaksanaan UNBK berjalan lancar, sekaligus memberikan motivasi kepada siswa yang sedang menghadapi ujian hari ini.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada bapak/ibu guru karena telah mendidik anak-anak kita menggunakan komputer dan akhirnya SMK-SMK di Papua juga bisa mengikuti UNBK 2017,” ujarnya.

Pahabol juga menyampaikan terima kasih kepada Bank Papua, PLN dan juga Pertamina yang telah menyalurkan bantuan ke sekolah-sekolah di Kota Jayapura dalam rangka pelaksanaan UNBK.

“Kepada pihak lain yang belum sempat menyalurkan bantuan mereka, agar dapat memberikan bantuan ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Jayapura. Kalau ada kelebihan atau berkat bagilah ke sekolah-sekolah karena mereka menjadi saham atau modal pertama untuk pembangunan masa depan yang lebih baik,” harapnya.

Sementara itu, salah satu SMK yang di kunjungi Pj. Walikota Jayapura, Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Jayapura, Elia Waromi mengatakan pelaksanaan UNBK di SMK N 2 berjalan lancar.

 

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kmpoter (UNBNK) 2017 di Kota Jayapura (Elsye / Harian Pagi SMK 2017

“Pelaksanaan UNBK ini kami juga didukung oleh PT. PLN dan Telkomsel untuk internet dan arus listrik. Kami harapkan sudah ada komitmen dari manager PLN area Jayapura untuk membekap pelaksanaan UNBK 2017,” pungkas Waromi.

 

Waromi menerangkan peserta UNBK 2017 di SMK Negeri 2 Jayapura sebanyak 284 siswa, kemudian SMK YPK Diaspora yang menumpang atau menggabung sebanyak 29 siswa. Jadi total 317 siswa yang mengikuti UNBK di SMK Negeri 2 Jayapura.

 

Ditambahkannya, pelaksanaan UNBK akan berlangsung selama empat hari. Hari pertama mata pelajaran Bahasa Indonesia, kedua Matematika, ketiga Bahasa Inggris kemudian hari ke empat mata pelajaran teori kejuruan.

 

“Kami harapkan ke empat mata pelajaran dengan pelaksanaan ini dapat diikuti oleh anak-anak sampai selesai. Serta anak-anak bisa mencapai nilai yang maksimal, rata-rata mencapai lima koma lima,” ujarnya.

 

Untuk mencapai harapan ini, Waromi menyampaikan harus didorong oleh kemauan siswa sendiri, dan juga perhatian dari orang tua murid sehingga pelaksanaan UNBK 2017 bisa berjalan dengan baik

 

“Oleh sebab itu kami harapkan anak-anak tidak kemana-mana, tapi fokus saja kepada UNBK ini. Kami harapkan bisa selesaikan pada hari ke empat nanti dan semuanya bisa di laksanakan dengan baik,” tuturnya.

 

Sementara itu Waromi menjelaskan untuk SMK YPK Diaspora dan SMK lainnya yang menggabung dikarenakan fasilitas komputer tidak mencukupi.

“Karena ada kriteria khusus untuk fasilitas yang digunakan, begitu juga dengan jaringan internet nya kalau tidak mendukung atau tidak ada berarti tidak bisa melaksanakan ujian ini. Itu sebabnya tetap SMK yang bisa menampung harus menampung,” imbuhnya. (Elsye Sanyi /Koran Harian Pagi Papua)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...